BST Kemensos Mei & Juni Dirapel akan Cair Juli, BST via Bank DKI Kapan?

- Selasa, 6 Juli 2021 | 13:56 WIB
BST Kemensos Mei & Juni Dirapel akan Cair Juli, BST via Bank DKI Kapan? (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi
BST Kemensos Mei & Juni Dirapel akan Cair Juli, BST via Bank DKI Kapan? (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi

TEBET, AYOJAKARTA – Bantuan sosial tunai (BST) yang disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) Rp300 ribu per bulan untuk periode Mei dan Juni akan dirapel pengucurannya pada Juli ini. Bagaimana kabar BST dari Pemrprov DKI yang disalurkan melalui Bank DKI?

Pemerintah pusat sudah memastikan memperpanjang program BST selama 2 bulan untuk meringankan masyarakat yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat selama 3 Juli—21 Juli 2021.

“Perpanjangan BST 2 bulan ini akan membutuhkan anggaran Rp6,1 triliun. Catatannya tentu kita akan menggunakan data kelompok penerima dari penyaluran bulan Januari sampai April yang lalu. Sehingga untuk BST ini total alokasi nya adalah mencapai 18,04 triliun dari yang Januari-April plus 2 bulan yang sekarang kita akan berikan,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers membahas Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat secara daring, Jumat (2 Juli 2021).

Lalu bagaimana nasib BST Rp300 ribu untuk periode Mei dan Juni dari Pemprov DKI Jakarta yang disalurkan kepada warga melalui Bank DKI? Selama ini, di Ibu Kota memang ada bentuk pencuran BST. Pertama yang dikucurkan Pemprov DKI melalui Bank DKI. Kedua disalurkan Kemensos melalui Kantor Pos.

Ayojakarta belum menerima informasi resmi tentang nasib penyaluran BST untuk periode Mei dan Juni yang dikucurkan Pemprov DKI melalui Bank DKI.

Namun, media sosial Pemprov DKI seperti akun Twitter @DKIJakarta menyatakan bahwa penyaluran BST oleh Pemprov DKI hanya untuk periode Januari sampai dengan April.

Menjawab pertanyaan warganet, “@DKIJakarta, apakah benar bansos akan keluar lagi di pekan depan?”, akun Twitter @DKIJakarta pada Minggu 4 Juli 2021 memberikan penjelasan sebagai berikut: “Berkenaan dengan pertanyaan Bapak/Ibu, disampaikan bahwa kebijakan BST hanya sampai dengan bulan April 2021.”

Sebelumnya, pada 2 Juli 2021, akun @DKIJakarta menjawab pertanyaan warganet memberikan keterangan sebagai berikut.

Berkenaan dengan pertanyaan Bapak/Ibu, disampaikan bahwa terkait hal tersebut belum terdapat keputusan. Informasi perkembangan terbaru terkait kebijakan BST dapat diperoleh dari media sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Mohon berkenan menunggu informasi terbaru. Terima kasih.”

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB

Ariza Ingin PPKM di Jakarta Turun Level

Senin, 13 September 2021 | 18:06 WIB

Kasus Covid-19 DKI Melandai, BOR Hanya 11%

Senin, 13 September 2021 | 15:45 WIB
X