Polda Metro Jaya Fasilitasi Tes Antigen Gratis Bagi Pemudik yang Kembali ke Jakarta

- Selasa, 18 Mei 2021 | 12:16 WIB
Polda Metro Jaya Fasilitasi Tes Antigen Gratis Bagi Pemudik yang Kembali ke Jakarta / dok. istimewa
Polda Metro Jaya Fasilitasi Tes Antigen Gratis Bagi Pemudik yang Kembali ke Jakarta / dok. istimewa

KEBAYORAN BARU, AYOJAKARTA -- Polda Metro Jaya memperketat pemudik yang akan masuk ke wilayah Jakarta. Nantinya, petugas akan mendirikan pos pemeriksaan dan menyediakan tes antigen gratis di setiap Polsek bagi para pemudik yang datang ke Jakarta. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pemudik yang masuk ke Jakarta juga diwajibkan membawa tes swab antigen dan surat keterangan bebas Covid-19. 

"Kapolda Metro Jaya bersama Pangdam membuat pos-pos pelayanan swab antigen gratis di setiap Polsek. Jadi warga yang merasa pulang mudik silahkan ke Polsek untuk melakukan swab antigen gratis. Kemudian juga kita berbasis komunitas mikro yang sebelum mudik ini kita sudah obrolkan di rapat koordinasi," ujarnya, Selasa 18 Mei 2021. 

Dalam hal ini, petugas kepolisian bekerja sama dengan tiga pilar yakni RT, Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mendata setiap warga yang melakukan mudik.

"Data itu sudah masuk semuanya, setiap pendataan selesai lalu ditempel dirumahnya tersebut dengan stiker 'rumah ini ada tiga orang yang melaksanakan mudik', jadi setiap rumah akan ditempeli stiker, gunanya ini berbasis komunitas," tuturnya. 

"Bersama-sama dengan tenaga kesehatan di tingkat mikro itu akan mendatangi rumah tersebut, menanyakan apakah ada surat swab antigen, kalau tidak ada maka kita swab di tempat," tambah Yusri. 

Menurut Yusri, ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan juga Pemda DKI Jakarta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Ini upaya untuk mencegah terjadinya penularan, kalau ada yang positif kita akan lakukan 3T, kami tempel stiker sementara jika ada yang positif Covid di rumah itu," katanya. 

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB

Ariza Ingin PPKM di Jakarta Turun Level

Senin, 13 September 2021 | 18:06 WIB
X