Ariza dan Anies Klaim Tak Masuk Wilayah Teknis Pengadaan Lahan Rumah DP 0 Rupiah

- Kamis, 11 Maret 2021 | 12:12 WIB
Wakil Gubernur  DKI jakarta Ahmad Riza Patria(AyoJakarta)
Wakil Gubernur DKI jakarta Ahmad Riza Patria(AyoJakarta)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pembelian lahan yang dilakukan oleh Perumda Pembangunan Sarana Jaya telah berdasarkan penugasan dari Pemprov DKI untuk program unggulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berupa rumah DP 0 rupiah.

Hal itu disampaikannya di Balai Kota kala menanggapi status tersangka Dirut Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan yang diduga melakukan korupsi pembelian lahan untuk program pembangunan rumah DP 0 rupiah.

"Kan memang salah satu tugas, salah satu yang ditugaskan ke Sarana Jaya adalah membangun DP 0 rupiah," kata pria yang akrab disapa Ariza itu, Rabu (10/3/2021) malam.

Namun, proses pembelian lahan itu adalah hal teknis yang tidak semuanya diketahui oleh dirinya dan Anies. Hal-hal teknis lebih banyak dikerjakan di tingkat dinas dan suku dinas, maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Kami, pak Gubernur, saya, dan jajaran itu tidak masuk wilayah teknis ya. Kami ini membuat kebijakan secara umum," ujarnya.

Pembelian lahan yang saat ini menjadi salah satu pembelian yang diselidiki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni lahan yang berlokasi di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Lahan itu, kata Ariza, dibeli Perumda Pembangunan Sarana Jaya untuk proyek rumah DP 0 rupiah.

"Kurang lebih yang dibeli Sarana Jaya itu untuk DP 0 Rupiah, di antaranya ya," ucapnya.

Ariza sebelumnya mengatakan, Yoory telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Jumat (5/3/2021). Namun, sejauh ini KPK belum mengumumkan status Yoory sebagai tersangka tetapi membenarkan tengah menangani masalah pembelian lahan tersebut. Yoory pun sudah ditetapkan non aktif dari posisi Dirut Pembangunan Sarana Jaya.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Denda Prokes PPKM di Jakarta Capai Rp16 Juta Sehari

Minggu, 19 September 2021 | 13:20 WIB

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB
X