Pasang Planter Box, Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Kini Terproteksi Permanen

- Jumat, 26 Februari 2021 | 12:41 WIB
Kini jalur khusus sepeda Sudirman-Thamrin terproteksi dengan pemasangan pembatas permanen oleh Dishub DKI/dok: Instagram @dishubdkijakarta
Kini jalur khusus sepeda Sudirman-Thamrin terproteksi dengan pemasangan pembatas permanen oleh Dishub DKI/dok: Instagram @dishubdkijakarta

TANAH ABANG, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai memasang pembatas permanen di sepanjang jalur sepeda Jalan Sudirman-Thamrin. Pemasangan pembatas berupa planter box ini sudah dilakukan sejak Rabu (24/2/2021) lalu.

Planter box atau pot tanaman berbahan beton dipasang sebagai pembatas jalur sepeda. Pembatas yang dipasang di Jalan Sudirman-Thamrin rencananya mencapai 11,2 Km.

"Sejak Rabu (24/2/2021), Dinas Perhubungan mulai memasang jalur khusus sepeda terproteksi secara permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin," dikutip dari akun @dishubdkijakarta, Jumat (26/2/2021).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut, saat ini jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin sedang tahap konstruksi. Pihaknya berharap proses konstruksi selesai pada Maret 2021.

"Tahapannya, karena kita menggunakan planter box, itu diproduksi di workshop kontraktor. Kemudian di badan jalan disiapkan tempat berupa marka. Untuk jalur sendiri, total 11,2 meter dari Bundaran Senayan sampai Bundaran HI," ujar Syafrin saat dihubungi.

Anggaran yang dikucurkan untuk pembuatan pembatas mencapai Rp30 miliar. Sumber pendanaan disebutkan Syafrin berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) DKI Jakarta.

Potensi pengembangan jalur sepeda di wilayah DKI Jakarta sepanjang 578,8 kilometer. Pihaknya menargetkan proyek tersebut rampung dalam beberapa tahun ke depan. Artinya, tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat. 

Setidaknya butuh waktu 11 tahun terhitung sejak 2019, untuk merealisasikan jalur khusus sepeda. "Rencana pengembangan jalur sepeda 2019 sampai 2030 sepanjang 578,8 kilometer. Jalur sepeda eksisting yang sudah terbangun sepanjang 63 km pada 2019," kata Syafrin.

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB

JIS Uji Coba Pasang Rumput Hybird, Ini Keunggulannya

Senin, 20 September 2021 | 15:35 WIB
X