Covid-19 Tembus Sejuta, Pemerintah Didesak Konsisten Jalankan Aturan PSBB

- Rabu, 27 Januari 2021 | 14:14 WIB
ilustrasi PPKM (Ayobandung)
ilustrasi PPKM (Ayobandung)

SENAYAN, AYOJAKARTA.COM - Pandemi Covid-19 belum hilang dari Indonesia. Bukannya mereda, kasus kian bertambah dan saat ini sudah tembus mencapai lebih dari satu juta kasus.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati, mendesak pemerintah untuk lebih konsisten dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Mufida menyoroti meningkat tajamnya klaster keluarga dan klaster pemukiman, terutama di perkotaan. Di Jakarta misalnya, klaster keluarga meningkat hingga 44%. Di Jawa Barat, peningkatan klaster keluarga menyebabkan meningkatnya daerah yang berstatus zona merah.

Oleh karenanya, ia meminta pembatasan sosial maupun pembatasan kegiatan masyarakat, juga harus dilakukan dalam skala lokal sehingga pengawasannya juga bisa lebih terfokus.

"Pembatasan mobilitas juga perlu diperketat mengingat meningkatnya klaster keluarga di bulan ini diantaranya dampak dari libur natal dan tahun baru lalu dimana banyak keluarga berpergian," jelas Mufida dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, Politisi PKS ini juga mengimbau pemerintah untuk tidak membiarkan WNA dari China dalam jumlah cukup banyak untuk masuk ke Indonesia di tengah kebijakan PPKM ini. 

Dia menilai, masih terdapat kelonggaran pembatasan dalam kebijakan PPKM ini, bahkan mobilitas penduduk masih belum cukup ketat dibatasi dan terkesan tidak konsisten.

"Pengawasan atas pelaksanaan PPKM juga masih lemah dan kurang didukung penegakan aturan, sehingga meskipun diberlakukan PPKM, namun kondisi di masyarakat maupun di tempat kerja seperti tidak banyak perubahan," ujarnya. 

"Akibatnya, klaster perkantoran tetap bermunculan. Dalam perpanjangan PPKM, kegiatan pusat perbelanjaan justru diperlonggar dengan diperbolehkan beroperasi sampai pukul 20.00 WIB dari sebelumnya jam 19.00 WIB," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Presiden Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput

Senin, 20 September 2021 | 11:07 WIB

BMKG Prediksi Jakarta Diguyur Hujan Malam Ini

Minggu, 19 September 2021 | 21:34 WIB

Denda Prokes PPKM di Jakarta Capai Rp16 Juta Sehari

Minggu, 19 September 2021 | 13:20 WIB

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB
X