Dipercantik, Kolong Jembatan Pegangsaan Jakarta Bakal Dihiasi Mural Ceria

- Selasa, 26 Januari 2021 | 10:33 WIB
Plh Wali Kota Jakpus Irwandi Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ dan perwakilan PT Taspen (dok. pusat.jakarta.go.id)
Plh Wali Kota Jakpus Irwandi Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ dan perwakilan PT Taspen (dok. pusat.jakarta.go.id)

MENTENG, AYOJAKARTA.COM - Kolong jembatan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, bakal dipercantik dengan dihiasi oleh seni mural dari seniman Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Sebelumnya, Plh Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi bersama dengan Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ dan perwakilan PT Taspen melaksanakan pembuatan mural secara simbolis di kolong jembatan itu, Minggu (24/1/2021). 

Kolong jembatan yang sempat dijadikan tempat usaha dan tempat tinggal sementara pemulung ini sudah hampir rampung dilakukan penataan. Akses jalan bagi pejalan kaki sudah selesai dibuat. Demikian juga dengan taman yang tinggal perapihan akhir.

"Tadinya, ada lapak-lapak kumuh di sini, banyak PPKS (pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial), tapi kita lakukan penertiban. Sekarang akan ditata jadi kolong penyeberangan orang," kata Irwandi dilansir pusat.jakarta.go.id.

Meski terinspirasi dari Terowongan Kendal, kolong jembatan Pegangsaan ini memiliki keunikan tersendiri. "Kita terinspirasi Terowongan Kendal, tapi kalau di sana tidak ada taman, di sini ada. Ini juga ada di pinggir kali atau riverside seperti di luar negeri," lanjut Irwandi. 

AYO BACA : Ramai soal Pemotongan Kabel Rumah Pompa Dukuh Atas, Benarkah Ada Sabotase?

Menurut Irwandi, penataan ini dapat terlaksana berkat kolaborasi, baik di internal birokrasi Pemprov DKI Jakarta yaitu dengan suku dinas-suku dinas yang ada di Jakarta Pusat dan dengan pihak eksternal.

"Kita bekerjasama dengan IKJ dan PT Taspen untuk menyulap lokasi yang sebelumnya kumuh menjadi indah. Terima kasih untuk Taspen melalui program CSR-nya sudah membantu kami, juga untuk IKJ yang terlibat dalam pengecatannya," ujarnya. 

Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ, Anindyo Widito mengatakan, konsep yang bakal diterapkan yakni kecerian di semua kalangan.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB

Ariza Ingin PPKM di Jakarta Turun Level

Senin, 13 September 2021 | 18:06 WIB

Kasus Covid-19 DKI Melandai, BOR Hanya 11%

Senin, 13 September 2021 | 15:45 WIB
X