Tak Perlu ke Luar Negeri, Pengamat Transportasi Sebut Jakarta Sudah Jadi Percontohan bagi Kota Lain dalam Hal Transportasi

- Rabu, 11 November 2020 | 10:34 WIB
Pacakerusuhan demo omnibus law, empat halte akan dilakukan redesign. (beritajakarta.id)
Pacakerusuhan demo omnibus law, empat halte akan dilakukan redesign. (beritajakarta.id)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memenangkan Penghargaan Sustainable Transport Award (STA) Tahun 2021.

Jakarta mendapatkan anugerah sebagai “honorable mention” di ajang Sustainable Transport Award 2019 yang diumumkan di Fortaleza, Brasil.

Kota Jakarta diganjar gelar ini atas usahanya dalam mengembangkan sistem Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta, serta keberhasilan dalam menaikkan jumlah penumpang hingga 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Selain kenaikan jumlah penumpang Transjakarta yang fantastis, Jakarta juga dinilai berhasil mengintegrasikan sistem BRT dengan layanan mikrobus (angkot) serta kehadiran sistem metro (MRT) pertama yang memberikan tambahan opsi moda angkutan umum bagi warga Jakarta.

AYO BACA : Keren…4 Halte Pascakerusakan Demo Omnibus Law Ini Direnovasi Dua Tingkat, Ada Coffeeshop!

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, angkat bicara mengenai penghargaan tersebut yang diterima oleh Kota Jakarta.

Dia menilai, secara objektif Jakarta dalam lima tahun terakhir mengalami perbaikan yang signifikan untuk sektor transportasinya, yaitu dengan memiliki Bus Trans Jakarta, LRT, dan MRT yang memberikan pelayanan bagus, dan perbaikan pelayanan Transjakarta.

“Selain itu peran PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menata KRL Jabodetabek mulai tahun 2013 dengan mengangkut sekitar 350 ribu penumpang perhari. Sekarang sudah mencapai 1 juta penumpang per hari,” kata dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima Ayojakarta, Rabu (11/11/2020).

“Demikian pula dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang dibentuk oleh Kementerian Perhubungan tahun 2016 turut memberikan kontribusi perbaikan kondisi transportasi di Jakarta,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB

JIS Uji Coba Pasang Rumput Hybird, Ini Keunggulannya

Senin, 20 September 2021 | 15:35 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput

Senin, 20 September 2021 | 11:07 WIB

BMKG Prediksi Jakarta Diguyur Hujan Malam Ini

Minggu, 19 September 2021 | 21:34 WIB

Denda Prokes PPKM di Jakarta Capai Rp16 Juta Sehari

Minggu, 19 September 2021 | 13:20 WIB
X