Antisipasi Banjir, Dinas SDA DKI Jakarta Perbaiki 10 Alat Ukur Curah Hujan

- Jumat, 6 November 2020 | 11:11 WIB
Para petugas sedang memantau alat ukur curah hujan / beritajakarta.id
Para petugas sedang memantau alat ukur curah hujan / beritajakarta.id

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Masuknya musim penghujan membuat sebagian wilayah harus melakukan antisipasi banjir dan genangan, terutama pada titik-titik yang rawan.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan perbaikan dan pemeliharaan terhadap 10 unit Automatic Rainfall Recorder (ARR) atau alat ukur curah hujan.

AYO BACA : Antisipasi Banjir, 45 Personel Pasukan Biru Jakarta Pusat Kuras 3 Titik Saluran

Perbaikan dan pemeliharaan tersebut dilakukan agar dapat berfungsi dengan baik. Mengingat ada beberapa alat ukur yang mengalami kerusakan di sejumlah daerah di Jakarta.

Kepala Satuan Pelaksana Sistem Informasi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas SDA DKI Jakarta, Anwar Sobandi, menjelaskan ARR adalah peralatan yang digunakan untuk menghitung jumlah curah hujan dalam satuan waktu tertentu secara otomatis, dengan bantuan solar panel dan baterai sebagai sumber listriknya.

AYO BACA : 86 RT Tergenang & Banjir, Paling Banyak di Kampung Melayu

Pelaksanaan perbaikan dan pemeliharaan dimulai sejak pertengahan September 2020 dan saat ini seluruh alat ARR sudah berfungsi dengan baik.

"Perbaikan dan pemeliharaan alat ARR dilakukan dengan cara mengganti komponen-komponen yang rusak seperti, Mechanical Shaft Encoder, Charger Controller, Solar Panel, dan GSM Modem," ungkap Anwar, dilansir dari beritajakarta.id, Jumat (5/11/2020).

Menurutnya, perbaikan dan pemeliharaan 10 alat ARR dirasa perlu karena data curah hujan yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai data dasar analisa hidrologi.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB

JIS Uji Coba Pasang Rumput Hybird, Ini Keunggulannya

Senin, 20 September 2021 | 15:35 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput

Senin, 20 September 2021 | 11:07 WIB

BMKG Prediksi Jakarta Diguyur Hujan Malam Ini

Minggu, 19 September 2021 | 21:34 WIB
X