UPDATE BLT PEKERJA FORMAL: Target 15,7 Juta Karyawan, Sudah 12 Juta Rekening Terdaftar

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 13:13 WIB
ilustrasi pekerja di pabrik garmen/ shutterstock
ilustrasi pekerja di pabrik garmen/ shutterstock

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Bantuan subsidi gaji karyawan Rp600.000 kepada para pekerja di perusahaan formal kini ditarget 15,7 juta penerima. Sebelumnya pemerintah menargetkan 13,8 juta karyawan. 

Kini target terbaru itu dianggarkan Rp 37,74 triliun, dan sudah ada 12 juta rekening terdaftar sebagai calon penerima bantuan. Penambahan jumlah ini merupakan hasil dari proses penyusuran yang dilakukan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) nomor 14 tahun 2020 telah resmi menerbitkan pedoman pemberian bantuan berupa subsidi gaji (14/08/2020). 

Ada pun syarat Penerima Subsidi Gaji Karyawan, yakni:

Kriteria penerima bantuan subsidi gaji karyawan Rp600.000 tertulis dalam Pasal 3 Permenaker nomor 14 tahun 2020. Di ayat 2 pasal tersebut dijelaskan bahwa Pekerja/Buruh berhak menerima bantuan harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepersetaan
  3. Pekerja/buruh penerima gaji/upah
  4. Kepesertaan sampai bulan Juni 2020
  5. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan gaji/upah di bawah Rp 5 juta sesuai gaji/upah terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan
  6. Memiliki rekening bank yang aktif

Skema Pencairan

AYO BACA : CARA DAFTAR BLT PEKERJA FORMAL: Dikirim Langsung ke Rekening Kata Menaker Ida Fauziyah, Biar Tak Mampir-mampir

Bantuan subsidi gaji diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp 600 ribu per bulan. Nantinya, bantuan ini akan diberikan selama 4 bulan.

Sebelum diberikan, BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima bantuan sesuai dengan persyaratan yang dijelaskan di atas.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Anies Resmikan Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Tarakan

Selasa, 28 September 2021 | 17:02 WIB

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X