Taman di DKI Buka Bertahap dan Terbatas

- Jumat, 12 Juni 2020 | 17:12 WIB
Ilustrasi taman kota. (Dok : Pemprov DKI Jakarta)
Ilustrasi taman kota. (Dok : Pemprov DKI Jakarta)

TANAH ABANG, AYOJAKARTA.COM - Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta akan kembali membuka ruang terbuka hijau (RTH) atau taman untuk publik secara bertahap. RTH bisa diakses kembali mulai 13 Juni 2020.

“Pembukaan RTH pada fase awal ini akan terus dilakukan evaluasi serta memperhatikan perkembangan dari penyebaran COVID-19. Apabila keadaan menjadi lebih baik maka akan dilakukan pembukaan RTH selanjutnya sesuai hasil evaluasi. Tetapi, bila keadaan memburuk, maka RTH dapat ditutup kembali,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati Jumat (12/6/2020).

Adapun RTH yang dimaksud terdiri dari taman, jalur hijau, hutan kota, taman pemakaman umum, kebun bibit, dan Taman Marga Satwa Ragunan milik Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Suzi, pertimbangan membuka RTH ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara fisik dan psikologis. Namun dia menegaskan agar masyarakat tetap mematuhi prorokol kesehatan saat berada di ruang publik.

"Tetap diperlukan pembatasan-pembatasan agar RTH juga tidak sebagai pusat penyebaran virus, lantaran dapat menjadi tempat berkerumunan masyarakat," ujarnya.

Pihaknya juga membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas RTH. Kemudian protokol kesehatan yang wajib dipatuhi di antaranya wajib menggunakan masker, membawa handsanitizer, physical distancing, suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celcius, tidak berkerumun, dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, ada ketentuan pengunjung yang dilarang yakni lansia di atas 60 tahun, anak-anak di bawah usia 10 tahun, orang dengan penyakit komplikasi seperti diabetes, jantung, gagal ginjal, dan penyakit pernapasan juga dilarang mengunjungi RTH. Kemudian, setiap pengunjung juga diimbau untuk tidak membawa kendaraan bermotor dan dilarang parkir di area RTH.

"Pembukaan taman kota secara bertahap dilakukan di 16 lokasi, dengan memperhatikan area zona aman, serta pengamanan di taman tersebut (sudah berpagar), mulai 13 Juni 2020. Pada 16 taman itu akan ditempatkan beberapa petugas untuk melakukan monitoring terhadap penggunaan area taman," jelas Suzi.

Berikut adalah daftar RTH atau taman yang akan dibuka pada tahap pertama:

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB

Ariza Ingin PPKM di Jakarta Turun Level

Senin, 13 September 2021 | 18:06 WIB
X