Anies Ancam Tutup Mall Hingga Kantor yang Langgar Aturan PSBB Transisi

- Jumat, 5 Juni 2020 | 15:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Masa pembatasan sosial bersakala besar (PSBB) transisi Jakarta sudah dimulai sejak hari ini (Jumat, 5/6/2020). Sejumlah tempat umum, termasuk rumah ibadah telah dibuka kembali.

Di hari pertama masa transisi ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa tempat umum seperti mall, pertokoan, kantor, rumah ibadah, dan lainnya wajib menaati protokol kesehatan dengan ketat. Setiap tempat umum juga telah diatur kapasitasnya maksimal 50 persen. 

"Di dalam masa transisi ini saya ingin sampaikan kepada semua untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Pastikan bahwa tempat anda berkegiatan mengikuti itu. Bila kita tidak disiplin, potensi penularan bakal terjadi," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Anies tak segan memberikan sanksi kepada pengelola tempat umum jika melanggar peraturan yang telah ditetapkan. Anies bahkan mengancam menutup tempat-tempat bila diketahui melanggar protokol kesehatan, termasuk soal kapasitas maksimal. Tindakan tegas ini baginya untuk melindungi warga dari penularan virus COVID-19.

"Kami tidak segan segan untuk mencabut izin, untuk menutup tempat bila melakukan pelanggaran. Bila ada pertokoan, perkantoran, mall, yang harus kapasitas hanya maksimal 50 persen bila sampai melanggar diingatkan dua kali, dua kali masih melanggar yang ketiga akan kita tutup," jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengajak warga Jakarta ikut mengawasi pelaksanaan masa transisi. Dia meminta warga yang melihat atau mengetahui adanya pelanggaran, maka diharapkan segera melapor.

"Karena kita tidak mungkin aparat penegak hukum bisa mengawasi jumlah yang begitu banyak. Jumlah kantor, pertokoan, perkantoran, rumah ibadah, jumlah kegiatan sosial luar bisa banyak. Mari kita semua ikut mengawasi dan bila menemukan penyimpangan tegur, dan laporkan kepada kita. Kita nanti akan tindak sesuai dengan peraturan yang ada," ujarnya.

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Begini Langkah DKI Antisipasi Banjir

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:46 WIB

Warga DKI Boleh Wisata Lagi ke RTH, Ini Pesan Ariza

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:13 WIB

Kusir Kuda di Jakarta Kini Punya SIM, Lho!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:00 WIB

KJP Plus Tahap 1 Oktober 2021 Cair Hari Ini untuk SD

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:03 WIB

Ini Alasan Pengemudi BMW Tabrak Polisi di Jaksel

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:56 WIB
X