Subhanallah, Ternyata Inilah Keutamaan Perbanyak Bersedekah di Akhir Ramadan

- Rabu, 20 Mei 2020 | 13:09 WIB
Ilustrasi bersedekah
Ilustrasi bersedekah

 

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 27 Ramadan. Itu artinya, Lebaran tinggal menghitung hari. 

Sejauh ini, bagi kamu umat muslim yang juga menjalankan ibadah puasa Ramadan, sudahkah kamu memperbanyak ibadah, memperbanyak amalan-amalan baik dan semakin meningkatkannya di akhir Ramadan ini?

Sepuluh malam terakhir termasuk puncak ibadah Ramadan. Pada malam ini biasanya malam lailatul qadar datang dan Rasulullah pun semasa hidupnya memperbanyak ibadah di malam itu. 

Dalam hadits riwayat ‘Aisyah dijelaskan, “Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadhan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, da membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah,” (HR Al-Bukhari).

Saking besar keutamaannya, para ulama sangat menganjurkan untuk memperbanyak ibadah pada sepuluh akhir Ramadan. 

Menurut Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in, ada tiga amalan utama yang mesti dilakukan pada sepuluh akhir Ramadan. Amalan tersebut adalah memperbanyak sedekah, memperbanyak membaca Al-Qur'an dan memperbanyak amalan di malam hari seperti salat malam dan dzikir.

Untuk bersedekah sendiri, ini merupakan amalan yang paling dianjurkan Allah di bulan Ramadan. 

Orang yang bersedekah di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat. Sebab sedekah adalah amal kebaikan sebagaimana Al-Qur'an surah al-A’raf ayat 16 khusus amalan sedekah dilipatkan-gandakan lagi sesuai kehendak Allah, yang kemudian ditambah lagi mendapatkan berbagai keutamaan sedekah.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Denda Prokes PPKM di Jakarta Capai Rp16 Juta Sehari

Minggu, 19 September 2021 | 13:20 WIB

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB
X