Gaji PNS Pemprov DKI Jakarta Bisa Dipangkas hingga 50%

- Senin, 4 Mei 2020 | 18:46 WIB
Sebagai ilustrasi PNS. Foto: Republika/Tahta Aidilla
Sebagai ilustrasi PNS. Foto: Republika/Tahta Aidilla

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Penurunan drastis Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI Jakarta karena wabah virus corona berdampak pada para aparatur sipil negara (ASN) wilayah tersebut. Pendapatan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta akan dipangkas hingga maksimal 50% menyesuaikan kondisi PAD DKI Jakarta.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir mengatakan, kebijakan ini merupakan bentuk penyesuaian dengan kontraksi ekonomi yang terjadi di Jakarta.

"Penyesuaian terhadap perbaikan penghasilan setinggi-tingginya 50%," ujar Chaidir saat dihubungi, Senin (4/5/2020).

Chaidir mengatakan meski tunjangan PNS dipangkas, gaji pokok tetap sama sesuai golongannya. Tunjangan yang dipotong itu disebutnya harus selalu menyesuaikan PAD DKI.

"Tunjangan perbaikan penghasilan semua pegawai berpengaruh sama pendapatan daerah berkaitan dengan kasus Covid-19, kan kontraksi di ekonomi seluruh Indonesia ini 53%, ya kita menyesuaikan," jelasnya.

Selain itu, ia menyatakan penyesuaian ini berlaku bagi PNS semua golongan. Kebijakan berlaku mulai April dan uang yang akan diterima PNS berkurang pada bulan Mei.

"Kalau tunjangan itu ya kaitan dengan insentif seluruh pegawai," jelasnya.

Ia menyebutkan kebijakan ini sudah sesuai dengan keputusan bersama Menteri Keuangan. Tunjangan kinerja daerah diminta untuk disesuaikan dengan kondisi daerah yang terdampak virus corona.

"Seluruh Indonesia kan pengaruh enggak hanya DKI saja. Itu dasar hukumnya berdasarkan SK bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Begini Langkah DKI Antisipasi Banjir

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:46 WIB

Warga DKI Boleh Wisata Lagi ke RTH, Ini Pesan Ariza

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:13 WIB

Kusir Kuda di Jakarta Kini Punya SIM, Lho!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:00 WIB

KJP Plus Tahap 1 Oktober 2021 Cair Hari Ini untuk SD

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:03 WIB

Ini Alasan Pengemudi BMW Tabrak Polisi di Jaksel

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:56 WIB
X