Bikin Geram, PTPN II Mainkan Harga Gula saat Pandemi Corona

- Selasa, 28 April 2020 | 15:49 WIB
Ilustrasi gula/Freepik.com
Ilustrasi gula/Freepik.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Kebangetan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II) memainkan harga gula saat masyarakat tengah dilanda pandemi virus corona. 

Ketua Satgas Pangan, Brigjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan, PTPN II melakukan pelelangan gula di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Sehingga membuat harga gula di pasaran menjadi tinggi.

"Satgas Pangan yang sudah melakukan penindakan di Sumatera Utara atas tindakan PTPN II yang melakukan lelang produk gula sebesar Rp 12.900/kg, bervariasi," ujar Daniel kepada wartawan Lewat Video Conference, di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

AYO BACA : Awas, Asupan Gula Berlebihan Kurangi Bakteri Baik Dalam Pencernaan

Daniel melanjutkan, adanya temuan itu membuat pihaknya menyegel tempat pelelangan gula tersebut dengan garis polisi. Kemudian ia meminta, kepada pihak PTPN II agar tetap melakukan pelelangan gula di bawah HET.

"Kami sudah beritahu Ka Satgas di Sumut untuk proses ini bisa dilanjutkan sepanjang harga di end user atau masyarakat bisa mencapai Rp 12.500/kg sesuai dengan keputusan pemerintah. Silakan disesuaikan, PTPN silakan menyesuaikan. Kita menmatuhi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto tak mengelak harga gula pasir masih tinggi di tingkat konsumen.

AYO BACA : Dianggap Bisa Cegah Corona, Gula Rempah Produksi Kediri Diserbu Warga

Bahkan ia bersama Satuan Tugas (satgas) pangan menemukan harga gula pasir di pasaran sebesar Rp 17.000 per kilogram.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X