Riset Perguruan Tinggi Hadapi COVID-19 Perlu Diperhatikan Pemerintah

- Selasa, 21 April 2020 | 09:58 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih
Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih meminta realokasi APBN 2020 untuk penanganan pandemi COVID-19 juga dialokasikan untuk riset perguruan tinggi.  

“Anggaran besar penanganan pandemi sebesar Rp 405,1 triliun harusnya juga untuk riset, negara yang kuat di dunia saat ini adalah yang mampu memberi solusi hadapi infeksi Covid-19,” kata Fikri usai rapat dengar pendapat Komisi X DPR RI dengan kalangan akademisi kedokteran dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia secara virtual, Senin (20/4/2020).

Fikri mengatakan, penanganan pandemi yang dikonfirmasi masuk ke Indonesia sejak awal Maret itu direspon pemerintah dengan penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemi COVID-19.  

“Ini kan bentuk kebijakan responsif yang mestinya fokus kepada pandeminya,” kritik politisi PKS ini.

Ia menilai kebijakan penggelontoran dana sebesar Rp 405,1 triliun semestinya juga memperhatikan tren kebijakan ekonomi dunia. 

“Perhatikan apa yang tengah dilakukan negara-negara besar seperti China dan Amerika, mereka sedang memulai perlombaan obat dan vaksin, dasarnya tentu dari riset,” imbuh Fikri.

Karenanya, ia mendesak perhatian lebih untuk riset bagi pendidikan tinggi, terutama terkait pencegahan infeksi dan penanganan COVID-19.  

“Jangan-jangan sudah ada peneliti kita di perguruan tinggi yang sudah menemukan obat dan vaksin, namun tidak terekspos karena minim dukungan anggaran dan perhatian,” cetus Fikri.  

Fikri juga mengeritik pengambilan keputusan di tingkat pusat terkait penangangan COVID-19 yang terkesan tidak berdasar riset ilmiah.  

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X