Kemenhub Belum Larang Mudik Lebaran 2020, Tapi Sudah Ada yang Curi Start

- Jumat, 27 Maret 2020 | 10:18 WIB
llustrasi mudik
llustrasi mudik

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah masih mengkaji untuk melarang mudik lebaran di tahun 2020. 

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, dalam pembahasan selanjutnya sudah membuat rekomendasi untuk melarang mudik Lebaran 2020.

"Eselon satu sepakat rekomendasikan larangan mudik masyarakat," kata Budi dalam video conference, Jumat (27/3/2020).

Dia menjelaskan, Kemenhub sepakat skenario ini diambil jika hanya imbauan dikhawatirkan masyarakat tidak mematuhinya. Untuk itu, Budi menegaskan rekomendasi larangan mudik segera disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Lebih lanjut forumnya di Pak Menko (Luhut Binsar Pandjaitan). Masih ada satu putaran ratas yang akan digelar untuk membahas larangan mudik," ujar Budi.

Sementara itu, Jurubicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan, kebijakan larangan mudik membutuhkan persetujuan yang lebih tinggi. Adita menuturkan, Kemenhub merekomendasikan hal tersebut karena mudik sangat berpotensi untuk perluasan penyebaran wabah virus virus corona. 

"Kita sekarang memang belum larang, tapi ada yang curi start. Sumedang itu tingkat ODP-nya meningkat karena ada yang mudik dari Jabodetabek," kata Adita.

Jika tidak segera ada pelarangan mudik, Adita khawatir wabah COVID-19 justru akan meluas. Untuk itu, Adita menegaskan Kemenhub merekomendasikan pelarangan mudik dan akan segera dibahas keputusannya. 

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X