Gerindra ke PSI: Bukan Begitu Cara Mengefisienkan Anggaran Reses

- Jumat, 27 Desember 2019 | 08:12 WIB
Anggota Fraksi Gerindra di DPRD DKI, Syarif. (Ayojakarta.com/Aprilia Rahapit)
Anggota Fraksi Gerindra di DPRD DKI, Syarif. (Ayojakarta.com/Aprilia Rahapit)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Klaim Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di DPRD DKI Jakarta mengembalikan dana reses untuk menghemat anggaran provinsi dikritik Fraksi Gerindra

Fraksi Gerindra menganggap yang dilakukan PSI bukan cara kerja anggota dewan. PSI terlalu naif jika berpikiran tindakan itu merupakan bentuk penghematan anggaran.

"Menurut saya sih naif saja. Enggak lah, anggota Dewan itu kerjanya bukan begitu," ujar Anggota Fraksi Gerindra di DPRD DKI, Syarif, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Syarif menjelaskan, tidak seharusnya anggota DPRD memikirkan penghematan anggaran saat reses. Alasannya, reses dilakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Bila anggaran reses tidak digunakan secara maksimal maka aspirasi masyarakat tidak bisa terserap seluruhnya.

"Itu tugas dinasnya BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah), tugasnya kasih duit. Yang penting menggunakan (dana). Yang dimaksud efisiensi itu bukan begitu (seperti dilakukan PSI)," kritiknya.

AYO BACA : PSI Kembalikan Dana Reses, Demokrat: Nggak Jelas Kalian!

Selain itu, dia menyebut efisiensi anggaran reses bukan cuma mengembalikan anggaran tapi juga menyesuaikan pengeluaran sesuai kebutuhan. Dengan demikian, reses anggota Dewan tetap maksimal dengan anggaran yang efisien.

"Saya, alhamdulillah ada juga yang saya kembalikan. Cuma enggak naif begitu. Misalnya, nasi box di situ adanya Rp 57 ribu, saya belanja cuma Rp 42 ribu, sisanya pulangin," ungkap Syarif.

Sebelumnya PSI mengungkap penggunaan dana reses kepada publik. PSI melaporkan telah menggunakan dana reses sebanyak Rp 1,68 miliar dari Rp 2,44 miliar. Sementara Rp 752 juta sisanya dikembalikan ke kas daerah. Rangkaian agenda reses yang dilakukan 8 anggota Fraksi PSI dilakukan sepanjang 4-19 November 2019.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB

JIS Uji Coba Pasang Rumput Hybird, Ini Keunggulannya

Senin, 20 September 2021 | 15:35 WIB
X