Senen Dibersihkan dari PKL, Lokasi Baru Dipastikan Sudah Tersedia Mulai Hari Ini

- Senin, 9 Desember 2019 | 14:00 WIB
Pedagang Kaki Lima menjajakan pakaian bekas di bahu jalan kawasan Senen, Jakpus. (TribunJakarta.com/Suci Febriastuti)
Pedagang Kaki Lima menjajakan pakaian bekas di bahu jalan kawasan Senen, Jakpus. (TribunJakarta.com/Suci Febriastuti)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Lokasi baru untuk pedagang kaki lima (PKL) kawasan perdagangan Senen sudah siap ditempati oleh para pedagang yang sudah mendaftar di Kelurahan Senen.

"Kemarin kami sudah survei. Hari ini dari PD Pasar Jaya sudah menyiapkan itu di lantai 4 (Metro Atom Pasar Baru), kemarin sebagian besar pedagang baju bekas sudah ada di situ," kata Camat Senen, Ronny Jarpiko, saat ditemui dalam rangka penjagaan kawasan Senen dari PKL di trotoar, Senin (9/12/2019).

Tempat relokasi yang dijanjikan Pemerintah Kota Jakarta Pusat kepada para PKL baju bekas Senen merupakan bekas tempat hiburan biliar. Ronny memastikan bahwa PD Pasar Jaya selaku pengelola Pasar Metro Atom sudah menyediakan lapak bagi para pedagang.

AYO BACA : Dibangun Ulang, Pasar Senen Blok I dan II Hadirkan Inovasi Baru

"Pasar Metro Atom kan dikasih gratis 6 bulan. Kami upayakan, saya sudah survei di lantai 4, ada AC. Dari segi ekonomi bagus, (perdagangan) tidak mati. Kita fasilitasi yang sesuai, banyak yang jual baju bekas juga di sana. Harusnya nyaman," jelas Ronny.

Pemkot Jakarta Pusat melarang PKL Senen untuk berjualan di trotoar sejak awal Desember 2019 karena menerima laporan masyarakat yang resah terhadap keberadaan mereka.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, sempat mengatakan, pihaknya menyediakan lokasi lain agar para PKL Senen dapat berjualan dengan tertata di Pasar Metro Atom setelah para pedagang menolak Pasar Kenari sebagai calon lokasi pertama.

Untuk memastikan agar para PKL tidak berdagang kembali, hari ini Pemkot Jakarta Pusat menurunkan 600 personel untuk menjaga trotoar dan sekitar Pasar Senen agar tetap steril dari pedagang.

AYO BACA : Trotoar Dipakai PKL, Anies Diminta Jangan Berdalih

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB

Ariza Ingin PPKM di Jakarta Turun Level

Senin, 13 September 2021 | 18:06 WIB

Kasus Covid-19 DKI Melandai, BOR Hanya 11%

Senin, 13 September 2021 | 15:45 WIB
X