Satu Rumah Sedang Direnovasi, Polsek Senen Mencari Marbot yang Butuh Bantuan

- Selasa, 8 Oktober 2019 | 11:49 WIB
Kapolsek Senen, Kompol Ewo Samono/Ayojakarta.com
Kapolsek Senen, Kompol Ewo Samono/Ayojakarta.com

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Pengurus masjid atau yang biasa disebut marbot perlu mendapat perhatian besar dari semua pihak di Jakarta. Walau penghasilannya amat kecil, pekerjaan marbot besar manfaatnya bagi umat Islam yang ingin menjalankan ibadah dengan nyaman di dalam masjid. 

Kehidupan para marbot mendapat atensi khusus dari Kapolsek Senen-Jakarta Pusat, Kompol Ewo Samono. Ia mengaku sedang menjalankan program spesial bagi para marbot, yang melanjutkan perintah Kapolrestro Jakpus Kombes Pol Hary Kurniawan untuk melaksanakan program Bedah Rumah Marbot.

"Kenapa kami fokuskan ke marbot, karena pemikiran kami marbot itu tugasnya memberikan pelayanan kepada warga untuk beribadah di masjid-masjid dan musala-musala," ungkap Ewo saat ditemui Ayojakarta di kantornya. 

"Sementara yang bersangkutan sendiri mungkin mendapatkan honor yang menurut kita enggak seberapa, tapi dia harus menghidupi keluarganya, anaknya, dan sebagainya. Seringkali marbot terabaikan oleh kita semua," sambungnya. 

Melalui dukungan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), kini Polsek Senen tengah membantu renovasi rumah salah seorang marbot yang berlokasi di Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta Pusat. 

"Anggota Bhabinkamtibmas laporan, bahwa di sana ada marbot masjid yang lima tahun lalu rumahnya kebakaran tapi dia enggak bisa membangun rumahnya karena terbentur masalah uang dan dana. Berangkat dari situ, dua minggu yang lalu kami membangun rumah marbot tersebut," jelas Ewo.

Saat ini, renovasi rumah marbot tersebut telah mencapai 50 persen. Pekerjaan itu berangsur-angsur menemui hasil. Tinggal memasang atap dan plafon yang ditargetkan tuntas dua minggu ke depan sebelum rumah layak ditempati.

"Kita sebagai polisi hanya sebagai trigger saja untuk meningkatkan kepedulian masyarakat. Ini yang dari Polsek saja peduli, masak kalian dari luar masjid tersebut enggak peduli," ungkapnya. 

"Dalam waktu dua minggu ke depan selesai dan siap huni. Marbot, setelah menepati rumah tersebut, mudah-mudahanan bisa meningkatkan pelayanan kepada umat muslim terutama yang di masjid. Itu prioritas kami," sambungnya. 

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X