Sekelompok Orang Bermasker dan Berkaos Merah Penuhi Ruang Sidang Gugatan Polusi Udara

- Kamis, 1 Agustus 2019 | 17:44 WIB
Sejumlah anggota Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibukota) yang menghadiri sidang tentang pencemaran udara Jakarta di PN Jakpus, Kamis (1/8/2019). (Hendy Dinata)
Sejumlah anggota Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibukota) yang menghadiri sidang tentang pencemaran udara Jakarta di PN Jakpus, Kamis (1/8/2019). (Hendy Dinata)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Sekelompok orang yang menamakan dirinya sebagai Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibukota) datang memenuhi ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) dengan menggunakan masker dan kaos berwarna merah, Kamis (1/8/2019).

Berdasar pantauan ayojakarta.com, di PN Jakpus di Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, sekelompok orang tersebut datang memenuhi ruang sidang dengan mengenakan kaos berwarna merah dengan tulisan 'Jakarta vs Polusi Udara' di bagian depan dan menggunakan masker berwarna putih.

Satu di antara para penggugat yang hadir bernama Melani Soebono mengatakan, pemerintah harus memenuhi hak warga Jakarta mendapatkan udara yang bersih. Dirinya juga mengatakan bahwa hak mendapat kualitas udara yang baik merupakan hak setiap warga negara.

"Kita manusia salah satu hak paling mendasar di hak asasi adalah bernapas dan ini sudah diakui bukan hanya di Indonesia, tapi di dunia bahwa kualitas hidup kita, tanah air, air bayar, napas kita empot-empotan," ujar Melani.

AYO BACA : Sidang Gugatan Polusi Udara Ditunda, Pengugat Ajukan Permintaan Kepada Pemerintah

Selain itu, Melani menyebut warga negara berhak mendapat data yang jelas terkait pencemaran udara yang terjadi di Jakarta. Selama ini, lanjutnya, masyarakat sering mendapat data yang tidak akurat.

"Itulah jadi bagian dari hak hidup kita. Kita sebagai warga negara berhak diberi data yang jelas, kaya di HI, GBK, tidak jarang mesinnya rusak atau data tidak akurat," kata Melani.

Permintaan Penggugat Disela Penundaan Sidang

Nelson Nikodemus Simamora selaku pengacara Koalisi Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota) meminta pemerintah untuk terus berupaya mengatasi pencemaran udara di Jakarta. Dirinya juga menginginkan pemerintah untuk tidak menunggu hasil putusan gugatan pencemaran udara untuk menekan angka pencemaran polusi udara di Ibu Kota.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Begini Langkah DKI Antisipasi Banjir

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:46 WIB

Warga DKI Boleh Wisata Lagi ke RTH, Ini Pesan Ariza

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:13 WIB

Kusir Kuda di Jakarta Kini Punya SIM, Lho!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:00 WIB

KJP Plus Tahap 1 Oktober 2021 Cair Hari Ini untuk SD

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:03 WIB

Ini Alasan Pengemudi BMW Tabrak Polisi di Jaksel

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:56 WIB
X