Bansos Tunai (BST) Juli dan Agustus 2021: Dari Kemensos Sudah Mulai Cair, Kapan di DKI Jakarta?

- Kamis, 29 Juli 2021 | 16:50 WIB
Bansos Tunai (BST) Juli dan Agustus 2021: Dari Kemensos Sudah Mulai Cair, Kapan di DKI Jakarta? (ilustrasi)/ayobandung
Bansos Tunai (BST) Juli dan Agustus 2021: Dari Kemensos Sudah Mulai Cair, Kapan di DKI Jakarta? (ilustrasi)/ayobandung

TEBET, AYOJAKARTA – Bantuan sosial tunai untuk periode Juli dan Agustus 2021 yang disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) via Kantor Pos senilai Rp300 per bulan sudah mulai berjalan. Namun, untuk warga DKI Jakarta masih belum ada keterangan tentang kapan bantuan serupa via Bank DKI akan cair.

Dinas Sosial Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, misalnya, menargetkan penyaluran BST tahap 14 dan 15 untuk warga akan selesai pada awal Agustus 2021. Bantuan ini diharapkan dapat membantu perekonomian warga kurang mampu yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Penyaluran BST sebenarnya sudah dimulai sejak 18 Juli lalu, dan direncanakan akan selesai pada 1 Agustus mendatang,” ujar Kepala Dinsos Kabupaten Temanggung, Prasojo, Rabu (28 Juli 2021) di Temanggung seperti dilansir https://mediacenter.temanggungkab.go.id/.

Sama seperti penyaluran BST tahap sebelumnya, penyaluran BST tahap ke-14 dan 15 ini juga dilakukan melalui Kantor Pos kepada keluarga penerima manfaat. Tiap KK menerima uang BST sebesar Rp600 ribu. Prasojo berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan warga untuk mencukupi kebutuhannya selama pandemi.

Penyaluran BST untuk periode Juli dan Agustus 2021 juga sudah berlangsung ke Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat. Hal itu terlihat dalam narasi dari postingan akun Instagram Polsek Buah Batu, polsekbuahbatu_humas, Kamis 29 Juli 2021.

Kegiatan Pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI (Bulan Juli-Agustus 2021) Pada Masa PPKM Mikro Darurat Kepada di Wilayah Kel. Margasari Kec. Buah Batu Kota Bandung.

Sementara itu, menurut penelusuran Ayojakarta, Pemprov DKI Jakarta masih menyelesaikan penyaluran BST untuk periode Mei dan Juni 2021. Masih ada sekitar 99 ribu calon penerima bantuan yang masih diselaraskan datanya.

Hal itu terungkap dari kicauan akun Twitter Pemprov DKI, @DKIJakarta, pada Kamis 29 Juli 2021 menjawab pertanyaan dari warganet.

  • (1/3) Sesuai info dari Dinas terkait, pencairan BST tahap 5 dan 6 telah dilakukan pada tanggal 19 Juli 2021 kepada 907.616 KK.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

X