Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat Bongkar Kebon Ganja Hidroponik di Brebes Jawa Tengah

- Kamis, 10 Juni 2021 | 14:10 WIB
Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat Bongkar Kebon Ganja Hidroponik di Brebes Jawa Tengah
Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat Bongkar Kebon Ganja Hidroponik di Brebes Jawa Tengah

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat menangkap 4 tersangka berinisial TM (39), UH (39), SY (36) dan HF (30) terkait kasus kebon ganja rumahan hidroponik di Brebes, Jawa Tengah. 

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo, mengatakan petugas kepolisian berhasil menemukan adanya kebon ganja hidroponik tersebut dari penangkapan tersangka pertama yaitu TM (39). 

Dari penangkapan tersebut, petugas kepolisian turut mengamankan barang bukti berupa 1 paket ganja dengan berat bruto 3,8 gram. Menurut Ady, barang terlarang tersebut diperoleh dari HF. 

Para tersangka memiliki peran yang berbeda, diantaranya TM (39) sebagai pemakai, HF (30) sebagai kurir, SY (36) sebagai pemilik kebon ganja hidroponik dan UH (39) produsen atau pemberi perintah.

"Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap pelaku HF, pihaknya mendapatkan barang bukti 38 gram, HF berperan sebagai kurir,"  katanya. 

Tak sampai disitu, kemudian petugas kepolisian melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan tersangka SY. Saat itu, polisi menemukan kebon ganja yang ditanam melalui sistem hidroponik di lantai dua sebuah rumah di daerah Brebes, Jawa Tengah.

Ady menjelaskan, pihaknya menemukan 300 pot tanaman ganja, namun yang berhasil tumbuh hanya berjumlah 200 pot tanaman. Selain itu, Ady juga menemukan barang bukti alat penyemprot pupuk dan peralatan tanam.

"Kita juga berhasil tangkap produsen atau pemberi perintah yang nanam ganja. Kita tangkap UH yang selaku pemberi perintah, ada barang bukti biji ganja dan 29 linting. Yang unik dalam pengungkapan kebon ganja Hidroponik tersebut pelaku tidak memiliki motif ekonomi artinya pelaku menanam hanya untuk konsumsi pribadi," jelasnya.

Menurut pengakuan tersangka, kata Ady, tersangka sempat mencoba menanam di daerah Majalengka, namun tidak berhasil tumbuh. 

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Siaga Banjir, Waduk Grogol Dikeruk

Selasa, 10 Agustus 2021 | 15:54 WIB
X