6 Pemudik di Duri Kosambi dan Tanjung Duren Positif Covid-19 Setelah Tes Antigen

- Jumat, 28 Mei 2021 | 14:51 WIB
6 Pemudik di Duri Kosambi dan Tanjung Duren Positif Covid-19 Setelah Tes Antigen (ilustrasi)
6 Pemudik di Duri Kosambi dan Tanjung Duren Positif Covid-19 Setelah Tes Antigen (ilustrasi)

TEBET, AYOJAKARTA – Petugas yang terdiri dari tiga pilar satuan tugas Covid-19 di Kelurahan Duri Kosambi Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat melakukan swab antigen gratis kepada para pemudik. Pemudik yang diperiksa baru datang usai lebaran Idulfitri pada Kamis 27 Mei 2021.

Kegiatan dilakukan secara door to door kepada para pemudik. Hasilnya, dari 20 pemudik yang diswab antigen, sebanyak tiga orang di antaranya reaktif atau positif. Ketiga orang tersebut lalu dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Covid-19, Wisma Atlet.

“Kami tiga pilar Kelurahan Duri Kosambi melakukan pemeriksaan swab antigen gratis secara door to door kepada pemudik yang baru tiba di Jakarta. Dari 20 yang diperiksa sebanyak 17 orang negatif dan tiga orang positif. Mereka yang positif dilanjutkan pemeriksaan PCR dan dirujuk ke Wisma Atlet,” jelas Lurah Duri Kosambi, Imbang Santosa, dilansir dari barat.jakarta.go.id, Jumat 28 Mei 2021.

Di wilayah lain di Jakarta Barat, pemeriksaan serupa juga dilakukan. Tepatnya di Tanjung Duren Selatan, sebanyak 86 pemudik yang baru tiba menjalani swab antigen.  Hasilnya, tiga pemudik positif Covid-19.

Lurah Tanjung Duren Selatan Halimi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta pengurus RT RW melakukan pemantauan dan pengawasan pelaksanaan pengendalian aktivitas masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kelurahan Tanjung Duren Selatan, usia mengetahui tiga orang terpapar Covid-19.

Selain mendata, pihak kelurahan bekerja sama dengan tim medis puskesmas kelurahan Tanjung Duren Selatan melakukan rapid test antigen untuk warga yang baru tiba dari kampung halaman pascaebaran 1442 H.

“Kami setiap hari meminta kepada pengurus RT dan RW membawa warganya yang baru pulang usai mudik lebaran untuk dilakukan skrining kesehatan tes swab antigen,” tutur Halimi. 

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

X