Polres Metro Jakarta Barat Ungkap 12 Hektare Ladang Ganja

- Jumat, 28 Mei 2021 | 10:23 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat memusnahkan sebanyak 165 kilogram ganja dan 4,5 kilogram sabu, serta mengamankan ladang ganja seluas 12 hektar di daerah Sumatera. Barang terlarang yang dimusnahkan itu merupakan hasil pengungkapan pada bulan Februari-April 2021 lalu.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo, petugas kepolisian mengamankan 12 tersangka dalam pengungkapan selama 3 bulan itu.

"Kasus pertama diungkap pada Februari 2021 dimana kami berhasil mengungkap peredaran ganja sebanyak 115 kilogram. Dimana saat itu pelaku menggunakan modus menyimpan ganja dengan memasukkan ke dalam drum besar," ujarnya.

Tak hanya itu, petugas kepolisian juga mengamankan ladang ganja seluas 12 hektare di daerah Sumatera.

"Kasus kedua masih di bulan Februari saat itu Satnarkoba Polres Metro Jakbar mengungkap ladang ganja seluas 12 hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara," tuturnya.

Ady menjelaskan, untuk kasus ketiga di bulan Februari 2021, penyidik Polsek Tanjung Duren mengungkap kasus 4 kilogram sabu.

"Modus yang mereka gunakan yaitu dengan menyimpan barang haram itu kedalam tangki bensin mobil yang sudah dimodifikasi. Setengah untuk bahan bakar, setengahnya lagi untuk menyimpan sabu," jelasnya.

Kemudian, Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap peredaran ganja sebanyak 25 kilogram di wilayah Kendal, Jawa Tengah, pada bulan April 2021.

Akibat perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2), Pasal 112 ayat (2), pasal 111 ayat (2) juncto Pasal 132 UU Narkotika Nomor 35 tahun 2009, ancaman hukuman 20 tahun penjara. 

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

X