Usai Mudik, Warga yang Kembali ke Jakarta Barat Bakal Diawasi Secara Ketat

- Jumat, 14 Mei 2021 | 13:23 WIB
Ilustrasi/ Yogi Faisal
Ilustrasi/ Yogi Faisal

TEBET, AYOJAKARTA -- Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menegaskan pihaknya akan mengawasi warga yang mudik saat kembali datang ke wilayahnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19. 

Kebijakan itu dilakukan mengingat banyak warga yang telah pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 1442 H/2021 M, sebelum larangan mudik dari pemerintah diberlakukan, yakni 6 hingga 17 Mei 2021. 

“Terkait yang mudik, ini juga menjadi catatan dan harus diperhatikan sehingga tidak terjadi permasalah baru terkait penyebaran Covid-19,” kata Uus di Jakarta, Sabtu 14 Mei 2021.

Ia menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat terkait kedatangan pemudik di wilayahnya. Apabila ada warga yang sudah terlanjur berangkat mudik sebelum tanggal 6 Mei, kata Uus, nantinya saat sudah kembali ke Jakarta harus benar benar steril dan di bawah pengawasan yang ketat. 

“Jangan sampai warga yang mudik ini dalam situasi kondisi tidak baik, yang bisa menyebabkan penularan Covid-19 lebih parah lagi,” tandasnya.

Wilayah Jakarta Barat menerapkan kebijakan yang cukup ketat di wilayahnya. Pemerintah Kota Jakarta Barat diketahui juga menutup kawasan Kota Tua.

Uus menjelaskan, penutupan dilakukan mulai Rabu (12/5) hingga Ahad (16/5). Ia sudah menginstruksikan jajaran Satpol PP, aparat wilayah setempat dan unit terkait untuk memasang spanduk di kawasan Kota Tua. 

“Tujuannya agar masyarakat mengetahui dan bisa saling menginformasikan bahwa kawasan Kota Tua telah ditutup, selama libur Lebaran,” ujarnya. Dia menjelaskan penutupan Kota Tua untuk pengendalian agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di kawasan tersebut. 

"Mengingat, Kota Tua merupakan salah satu destinasi wisata di Jakarta yang banyak dikunjungi masyarakat saat musim liburan. Bagaimana pun apa yang kami lakukan ini bersama TNI-Polri untuk kebaikan masyarakat,” jelas Uus.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

X