JADWAL IMSAKIYAH RAMADAN 2021 MUHAMMADIYAH: Wilayah DKI Jakarta

- Sabtu, 20 Maret 2021 | 09:46 WIB
JADWAL IMSAKIYAH RAMADAN 2021 MUHAMMADIYAH: Wilayah DKI Jakarta
JADWAL IMSAKIYAH RAMADAN 2021 MUHAMMADIYAH: Wilayah DKI Jakarta

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap jelang Ramadhan, Suara Muhammadiyah menyediakan jadwal imsakiyah untuk seluruh kota besar di Indonesia. Tahun ini jadwal imsakiyah dihisab dan disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Ustad Dr Oman Fathurohman SW.

Berbeda dengan metode hisab lembaga lain yang biasanya tidak memperhitungkan tinggi daerah, metode hisab yang dipakai Muhammadiyah di samping memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah juga memperhitungkan tinggi daerah yang dihisab.

Jadwal Imsakiyah wilayah DKI Jakarta yang dirilis Muhammadiyah hasil Hisab Muhammadiyah dengan Awal Waktu Subuh Sesuai Keputusan Munas Tarjih ke-31:

-

Awal waktu subuh dan imsak dalam jadwal imsakiyah tahun ini dihitung sesuai dengan kriteria awal waktu subuh hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 tahun 2020. Yaitu awal waktu subuh ditentukan ketika ketinggian matahari berada dalam posisi minus delapan belas derajat.

Oleh karena itu waktu imsak dan subuh dalam jadwal imsakiyah Muhammadiyah tahun ini kemungkinan ada perbedaan dengan jadwal imsakiyah yang dihisab lembaga lain yang masih mematok awal waktu subuh dalam ketinggian minus 20 derajat. Perbedaan awal waktu subuh itu sekitar delapan menit.

(Artikel ini sudah ditayangkan laman suaramuhammadiyah.id dengan link sebagai berikut https://suaramuhammadiyah.id/2021/03/19/download-jadwal-imsakiyah-1442-h-2021-m-se-indonesia/)

Bagi yang berminat mendapatkan jadwal imsakiyah Ramadhan tahun ini dapat mengunduhnya melaui link di bawah ini seperti dilansir laman www.suaramuhammadiyah.id:

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

X