Detik-detik Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon, Seperti Bom Atom, 73 Orang Tewas dan Ribuan Orang Terperangkap

- Rabu, 5 Agustus 2020 | 05:52 WIB
Ledakan di Pelabuhan Beirut, Lebanon/AFP
Ledakan di Pelabuhan Beirut, Lebanon/AFP

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Paling tidak sudah 73 orang dinyatakan tewas akibat ledakan dahsyat yang terjadi di Beirut, ibukota Lebanon. Jumlah tersebut dapat dipastikan akan bertambah karena sekitar 3.700 orang masih terperangkap di reruntuhan gedung di pelabuhan laut Beirut.

Berbagai rekamanan video singkat yang menggambarkan begitu dahsyatnya ledakan di Beirut Lebanon pada Selasa (5 Agustus 2020) waktu setempat. Saking menggelegarnya, ledakan tersebut memunculkan awan serupa cendawan, mirip dengan kejadian ketika kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang saat dihantam bom atom oleh tantara Sekutu pada Agustus 1945.

Al Jazeera, stasiun TV yang bermarkas di Timur Tengah, menyebut bahwa otoritas Lebanon mengatakan setidaknya 73 orang telah tewas dan sekitar 3.700 lainnya cedera dalam ledakan besar di pelabuhan di ibukota, Beirut.

Sampai berita ini diturunkan pada Rabu (5 Agustus 2020) pukul 05.25 WIB, kesimpulan sementara, ledakan dahsyat tersebut berasal dari ammonium nitrat dalam jumlan besar yang disimpan di gudang pelabuhan seperti dinyatakan oleh Menteri Dalam Negeri Lebanon. Jumlah senyawa kimia tersebut mencapai 2.700 ton.

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Di Balik Lelaki Sukses, Ada…?

Setelah terjadinya ledakan tersebut, Presiden Lebanon Michel Aoun mengumpulkan Dewan Pertahanan Tinggi negara. Otoritas Lebanon menyatakan Beirut sebagai kota dalam bencana. Pemerintah Lebanon lantas membentuk komite investigasi untuk menyelidiki siapa yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Dalam pertemuan dewan di Istana Presiden yang juga dihadiri oleh Perdana Menteri Hassan Diab, diumumkan tiga pernyataan:

1. Komite investigasi telah ditugaskan untuk mengatakan siapa yang bertanggung jawab atas ledakan dalam lima hari.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Jangan Abaikan 20 Gejala Umum Covid-19 Ini Ya

Sabtu, 25 September 2021 | 13:43 WIB
X