Simposium PPI Amerika Eropa 2020 Digelar Virtual

- Selasa, 23 Juni 2020 | 13:43 WIB
Simposium PPI Amerika-Eropa 2020 di Istanbul, Turki
Simposium PPI Amerika-Eropa 2020 di Istanbul, Turki

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia Kawasan Amerika-Eropa (PPIDK Amerop) tahun ini akan menggelar hajatan tahunan terbesarnya yang mengumpulkan perwakilan mahasiswa Indonesia di luar negeri dari 27 negara di kawasan Amerika Eropa, yaitu Simposium Amerika Eropa (SAE). 

PJ PAS Amerop 2019/2020, Choirul Anam menjelaskan, SAE merupakan ajang diskusi akademis dan ilmiah para mahasiswa Indonesia yang berada di kawasan Amerika dan Eropa untuk menghasilkan produk akademis yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah Indonesia dan para stakeholder terkait. 

Adapun ke-27 negara tersebut adalah Amerika Serikat, Kanada, dan Kuba di kawasan Amerika, serta Republik Ceko, Azerbaijan, Denmark, Islandia, Serbia, Estonia, Spanyol, Finlandia, Portugal, Irlandia, Swiss dan Leichtenstein, Austria, Norwegia, Italia, Belgia, Hungaria, Swedia, Polandia, Rusia, Prancis, Turki, Jerman, Inggris, dan Belanda di kawasan Eropa.

"Simposium kali ini merupakan SAE ke-7 yang diselenggarakan oleh PPIDK Amerop," kata Anam yang juga ketua PPI Ceko melalui siaran pers yang diterima redaksi, Senin (22/6/2020). 

Anam mengatakan, tuan rumah acara ini selalu berganti setiap tahunnya. Berdasarkan SAE ke-6 di Barcelona tahun 2019 lalu, Istanbul terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara acara SAE 2020.

Acara yang sedianya 21-27 Juni 2020 di Istanbul Sabahattin Zaim University, Istanbul, Turki, ini diubah menjadi SAE Istanbul Daring 26-28 Juni 2020 mengingat kondisi dunia yang masih pandemik COVID-19.

"Tanpa mengurangi kualitas dan marwah acara tahunan PPIDK Amerop ini, Panitia SAE Amerop 2020 berusaha mewujudkan acara dalam platform media Zoom dan Kanal Youtube PPIDK Amerika Eropa dan PPI Turki," ujar Anam. 

Meskipun kondisi dunia saat ini masih belum lepas dari pandemik, menurut dia, seluruh mahasiswa yang terhimpun dalam PPIDK Amerop tetap termotivasi untuk mewujudkan acara SAE 2020. 

"PPIDK Amerop berkomitmen untuk melaksanakan acara ini dengan semangat dan motivasi yang tinggi untuk berkontribusi terhadap negara melalui diskusi paralel yang membahas beberapa isu penting di berbagai sektor yang kemudian menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk menjadi pertimbangan di kalangan pemangku kebijakan dan pemerintah Indonesia," paparnya. 

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

X