Daftar Negara Paling Aman dari Covid-19, Indonesia Berada di Urutan Berapa?

- Selasa, 9 Juni 2020 | 13:53 WIB
Penyanyi berkebangsaan Swiss Amandine (Rapin) melakukan konser singkat di balkonnya saat diberlakukannya keadaan darurat wabah penyakit corona di Lausanne, Swiss, Sabtu (28/3). (Foto: EPA-EFE/LAURENT GILLIERON)
Penyanyi berkebangsaan Swiss Amandine (Rapin) melakukan konser singkat di balkonnya saat diberlakukannya keadaan darurat wabah penyakit corona di Lausanne, Swiss, Sabtu (28/3). (Foto: EPA-EFE/LAURENT GILLIERON)

HONG KONG, AYOJAKARTA.COM – Deep Knowledge Group, sebuah konsorsium perusahaan dan organisasi nirlaba yang dimiliki oleh Deep Knowledge Ventures, melakukan survei dan penelitian terhadap 100 negara di dunia yang dianggap paling aman dari infeksi Covid-19.

Dari laporan perusahaan investasi yang didirikan pada 2014 di Hong Kong tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-97 atau posisi ketiga terbuncit.

Dilansir Forbes, Swiss menjadi negara yang dianggap paling aman dari Covid-19 di dunia untuk saat ini, dengan menempati urutan pertama. Sementara itu, Sudan Selatan menjadi negara paling berbahaya, dengan risiko penularan wabah penyakit baru ini yang sangat tinggi.

Laporan didasarkan pada 130 parameter kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, terdapat lebih dari 11.400 titik data dalam kategori seperti efisiensi karantina, pemantauan dan deteksi, kesiapan kesehatan, serta efisiensi pemerintah setiap negara. Satu hal yang menarik ditemukan adanya perubahan signifikan dalam peringkat keamanan selama bulan-bulan pandemi.

Awalnya, negara-negara yang bisa bereaksi cepat terhadap krisis dan memiliki tingkat kesiapsiagaan darurat yang tinggi menempati peringkat teratas dalam daftar teraman. Namun, saat ini negara-negara dengan ekonomi tangguh berada di peringkat yang lebih tinggi.

"Swiss dan Jerman mencapai posisi 1 dan 2 dalam studi kasus terbaru ini secara khusus karena ketahanan ekonomi mereka serta karena cara hati-hati, di mana mereka berusaha untuk melonggarkan pembatasan dan mandat pembekuan ekonomi dalam sebuah fakta dan berbasis ilmu pengetahuan, tanpa mengorbankan kesehatan dan keselamatan masyarakat," kata laporan dalam penelitian dari Deep Knowledge Group.

Berikut adalah daftar lengkap 100 negara yang dianggap paling aman dari Covid-19, menurut Deep Knowledge Group.

1. Swiss

2. Jerman

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

X