Keren! Penampakan Langit Malam di Kota-kota Besar Dunia Setelah Lockdown

- Selasa, 12 Mei 2020 | 08:33 WIB
Langit malam di London setelah (kiri) dan sebelum (kanan) lockdown. [Underluckystars]
Langit malam di London setelah (kiri) dan sebelum (kanan) lockdown. [Underluckystars]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Penerapan kebijakan lockdown demi menekan penyebaran Covid-19 menghentikan sejumlah aktivitas. 

Termasuk yang terdampak kebijakan ini adalah polusi cahaya. Setelah kebijakan lockdown, masyarakat dunia bisa menyaksikan fenomena langit, termasuk hujan meteor, supermoon, dan serangkaian satelit Starlink Elon Musk.

Meski demikian, masih banyak yang terhalang karena kendala efek polusi cahaya di langit malam.

Berikut rangkaian foto mengeksplorasi penampakan langit malam yang bisa terlihat akibat lockdown yang menekan jumlah polusi, termasuk polusi cahaya.

Dilansir laman Metro.co.uk, Selasa (12/5/2020), Under Lucky Stars telah mengumpulkan serangkaian foto sebelum dan sesudahnya yang menunjukkan seperti apa langit malam di atas kota-kota besar di seluruh dunia tanpa polusi cahaya.

Gambar-gambar menunjukkan sebelum dan sesudah kota-kota di seluruh dunia menggunakan Skala Bortle, skala numerik yang terdiri dari sembilan tingkat, yang mengukur pengamatan astronomi bintang-bintang, dan setiap gangguan yang disebabkan oleh polusi cahaya.

"Dikelilingi oleh bintang, planet, dan galaksi, kita hanyalah satu bagian dari gambaran yang jauh lebih besar, tetapi tidak mungkin untuk melihat hal itu di dunia metropolitan kita," jelas Zoltan Toth-Czifra dari Under Lucky Stars.

Polusi cahaya telah membuat pandangan kosong, tetapi mendapatkan pandangan bintang-bintang di kota tidak sepenuhnya mustahil. Triknya adalah merencanakan ke depan, mencapai setinggi (atau sejauh) yang Anda bisa dan menghilangkan sumber cahaya yang dekat. Lucky Stars mengatakan dari 9.000 bintang di langit, di sebagian besar kota, kurang dari 100 terlihat.

Dan karena 80 persen populasi dunia hidup di bawah langit yang tercemar cahaya, kita merusak peluang untuk melihatnya. Moskow adalah kota tertinggi pada skala Bortle, tetapi London juga merupakan salah satu yang terburuk terkena cahaya buatan.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

X