Menengok Matangnya Sebuah Rencana, Mampir ke Happy City Sejong

- Selasa, 31 Maret 2020 | 13:29 WIB
Kota Sejong (Wikiwand)
Kota Sejong (Wikiwand)

RIUH kepindahan ibu kota negara RI seperti senyap kembali. Pupus oleh isu wabah Corona. Sejak awal 2010, ibu kota pindah sepi dari pergunjingan. Hal yang sudah sering terjadi.

Isu berpindahnya ibu kota, dengan segudang permasalahannya, ramai dibicarakan namun kemudian lenyap bak ditelan bumi. 

Mungkinkah kali ini juga mengulang seperti itu? Ramai bergosip lalu senyap. Kali ini tampaknya Pemerintahan Jokowi serius untuk memindahkan ibu kota.

Berkunjung ke Sejong, kota administratif baru di Korea Selatan, memaksa kepala kita mengangguk. Menyetujui sebuah perencanaan yang matang, tentang sebuah kota ideal di masa depan. Dua jam perjalanan dari Seoul, ibu kota Korea Selatan, Sejong berangkat dari ide awal yang dicetuskan pada tahun 2002. 

Selama tiga tahun, rencana melahirkan sebuah kota bernuansa modern dimatangkan. Menampung segala permasalahan kota-kota besar dunia, lalu seolah menawarkan sebuah solusi. Tahun 2007, dimulailah  pembangunan “Happy City Sejong”.

Kota seluas 465 km2 ini dirancang untuk ditempati 800 ribu penduduk di tahun 2030. Saat ini, penduduk yang mendiami area yang berada pas di tengah-tengah wilayah Korsel itu berjumlah 284 ribu. Migrasi berjalan cepat. Saat mulai renovasi besar-besaran wajah kota, penduduknya tak lebih 100.000 orang. 

Dari 22 kantor pemerintahan, sebagian besar mulai mengalihkan kegiatan utamanya ke sana. Didesain menempati sebuah kompleks pemerintahan yang modern, kecuali Kementerian Pertahanan, Luar Negeri, dan Keuangan, yang mungkin akan tetap berdomisili di Seoul.

Kota yang dibangun berdasarkan peraturan khusus itu didesain menjadi “smart city” masa depan. Sebagai sebuah percontohan pembangunan yang berimbang di Korsel. Harmonisasi antara mengejar modernisasi dengan nilai-nilai kehidupan, menjadi dasar utama perencanaan. Pusat administratif pemerintahan akan dipadukan dengan kenyamanan bertempat tinggal bagi penduduknya.

“Kota yang membuat wanita dan anak-anak betah. Ada 50 taman atau area hijau nantinya di seluruh kota,” kata Wali Kota Sejong, Dr. Lee Choon Hee, saat berbincang dengan puluhan wartawan mancanegara yang sengaja diundang ke sana, di Taman Beruang, Sejong, akhir tahun lalu. 

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

X