Ini Kata Gita Gutawa Soal Pembangunan SDM Negri

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 15:24 WIB
Gita Gutawa (instagram)
Gita Gutawa (instagram)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Penyanyi Aluna Sagita Gutawa atau yang akrab dipanggil Gita Gutawa menyampaikan pandangannya soal revolusi industri 4.0 kaitannya dengan pembangunan manusia Indonesia.

"Revolusi Industri 4.0 tidak hanya sebatas mengadopsi teknologi untuk penyelenggaraan pendidikan," kata Gita dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Gita yang menghabiskan masa kuliahnya di Inggris itu mengatakan bahwa sistem pendidikan secara utuh harus ikut beradaptasi dengan perkembangan teknologi, mulai dari kurikulum, cara mengajar, sistem pengajaran, dan sebagainya.

"Intinya, bagaimana sekolah itu tersistem secara baik," ujar lulusan S2 London School of Economics and Political Science LSE itu.

Menurut pelantun lagu Harmoni Cinta itu, di era digital ini banyak pekerjaan yang akan tergeser diganti dengan robot. "Mari kita belajar sebanyak-banyaknya," katanya.

Ia menilai pada 2020 banyak bermunculan profesi yang tak terduga, misalnya analis data dan ilmuwant, spesialis kecerdasan buatan dan mesin pembelajaran, spesialis perangkat lunak dan pengembang aplikasi dan analis, spesialis big data, spesialis informasi digital, dan sebagainya.

Untuk itu, ia mengajak para hadirin untuk berinvestasi pada skil demi menyongsong masa depan.

"Ada yang lebih penting dari sekadar akademik, yakni keahlian. Misalnya kita perlu mengasah keterampilan, kreativitas, negosiasi, multi tasking, kecerdasan emosi, dan sebagainya," ungkapnya.

Ia mencontohkan pengalaman hidupnya. Menurut dara kelahiran Jakarta 11 Agustus 1993 ini bakat dan kemampuan bermusiknya diasah melalui kebiasaan latihan dan lingkungan yang mendukung.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Reaksi Ivan Gunawan

Selasa, 21 September 2021 | 11:22 WIB

3 Hari Rilis, Drama Korea Squid Game Kalahkan Sweet Home!

Selasa, 21 September 2021 | 09:44 WIB

Alasan Dhena Devanka Gugat Cerai Jonathan Frizzy

Jumat, 17 September 2021 | 19:40 WIB

Nicki Minaj Sebut Vaksin Covid-19 Bikin Impoten

Kamis, 16 September 2021 | 14:06 WIB

Aurel Hamil, Anang Hermansyah Bagi-bagi 7,5 Ton Beras

Kamis, 16 September 2021 | 11:44 WIB
X