Ini Waktu Paling Pas untuk Minum Kopi

Husnul Khatimah
- Minggu, 21 November 2021 | 09:09 WIB
Secangkir Kopi (Pixabay)
Secangkir Kopi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Banyak orang merasa kurang pas apabila tidak meminum secangkir kopi setelah bangun pagi. Mereka percaya, kopi adalah bagian penting dari rutinitas pagi terutama bagi mereka yang membutuhkan fokus ekstra di hari itu.


"Jika kopi membantu konsentrasi tanpa gangguan energi, ini biasanya pertanda baik. Namun, jika sebaliknya, meminum kopi dan merasa cemas, gelisah, kelaparan, depresi, mual, atau sebagainya, tidak bisa tidur, pikirkan lagi tentang kopi atau kafein secara umum," ujar Ahli Gizi Kylene Bogden, RD, dilansir laman Livestrong, Sabtu (20/11).


Kopi memiliki kafein di dalamnya, dan stimulan dapat meningkatkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan gula darah di antara fungsi-fungsi lainnya.

"Tingkat kortisol kita secara alami melonjak dan mencapai puncaknya sekitar 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur," kata Bogden.

Kortisol yang merangsang metabolisme mengarah pada lebih banyak energi dan kewaspadaan, menurut sebuah studi Juni 2016 di Emotion. Dengan demikian, untuk menghindari lonjakan kortisol yang besar, secangkir kopi pertama boleh diminum sekitar satu jam setelah bangun pagi.

"Beberapa penelitian mengatakan bahwa kortisol masih tinggi dari tidur ketika Anda pertama kali bangun, jadi lebih baik menunggu kopi Anda dan meminumnya di pagi hari ketika kortisol lebih rendah," kata Lauren Slayton, RDN.

Slayton mengatakan, ada sebagian orang menggunakan kopi ketika mereka membutuhkan energi ekstra, seperti sebelum berolahraga. Minum kopi sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan energi. Menurut ulasan Neuroscience & Biobehavioral edisi Desember 2016 lalu, kopi memberi lebih banyak energi, membantu fokus dan koordinasi, serta mengurangi persepsi rasa sakit.

"Efek kopi terasa segera setelah meminumnya. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan olahraga atau memiliki pekerjaan penting yang harus dilakukan, saya sarankan untuk minum kopi 30 menit sebelumnya," kata Slayton.

Selain itu, kopi mungkin juga berguna ketika kita melewatkan satu malam tidur. Dalam sebuah studi Oktober 2016 di Sleep, para peneliti menilai jumlah kafein yang dibutuhkan orang yang kurang tidur untuk merasa seperti mereka tidur nyenyak.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Republika

Tags

Terkini

Tips Berkendara Tetap Nyaman Selama Musim Hujan

Selasa, 30 November 2021 | 11:18 WIB

10 Manfaat Air Mawar untuk Kulit

Minggu, 21 November 2021 | 14:02 WIB

Cara Usir Stres dan Kecemasan Menurut Ajaran Islam

Minggu, 21 November 2021 | 10:21 WIB

Ini Waktu Paling Pas untuk Minum Kopi

Minggu, 21 November 2021 | 09:09 WIB

Pengalaman Unik dari Hobi Koleksi Barang Bekas

Kamis, 18 November 2021 | 08:50 WIB

10 Tips Agar Makeup Terlihat Flawless Seharian

Selasa, 16 November 2021 | 12:10 WIB
X