14 Kuliner Khas Jakarta yang Bikin Ngiler, Sudah Coba?

Husnul Khatimah
- Kamis, 18 November 2021 | 12:48 WIB
Kerak Telor salah satu kuliner legendaris Jakarta (Republika)
Kerak Telor salah satu kuliner legendaris Jakarta (Republika)

TEBET, AYOJAKARTA - Mulai dari ekonomi, pemerintahan hingga makanan khas DKI Jakarta yang bikin ngiler dan nagih ingin merasakannya lagi. Jika berkunjung ke Jakarta hanya ke mal besar atau pun kafe kekinian, rasanya bosan bukan?

Padahal Jakarta memiliki berbagai makanan tradisional yang khas. Apakah kamu sudah coba semua makanan tradisional khas Jakarta berikut ini? Jangan-jangan kamu baru tahu, kalua ini makanan khas Jakarta?

1. Kerak Telor

Makanan tradisional khas Jakarta yang paling tersohor dan menjadi favorit warga Jakarta tentu kerak telor. Kerak telor memiliki rasa gurih dan legit. Camilan ini dibuat dari bahan-bahan makanan seperti, beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng.

Cara memasak kerak telor ini unik. Telur dimasak ketika setengah matang akan dibalik wajannya menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan seperti itu sampai matang sehingga menjadi kerak.

2. Roti Buaya

Roti Buaya. (@jimboybakery/Instagram)
Roti Buaya ini dikenal sebagai ikon pernikahan adat Betawi. Roti ini biasanya dibawa oleh mempelai laki-laki untuk diberikan kepada pengantin wanita dalam pernikahan atau lamaran pada pernikahan adat Betawi.


Roti buaya ini memiliki makna sebagai ungkapan kesetiaan pasangan menikah yang dipercaya masyarakat Betawi secara turun-temurun.

3. Asinan Betawi

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

14 Kuliner Khas Jakarta yang Bikin Ngiler, Sudah Coba?

Kamis, 18 November 2021 | 12:48 WIB

Restoran Subway Buka Cabang di The Breeze BSD City

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:15 WIB
X