Nirina Zubir Cerita Kronologis Keluarganya Jadi Korban Mafia Tanah

Husnul Khatimah
- Kamis, 18 November 2021 | 09:13 WIB
Nirina Zubir/ Republika
Nirina Zubir/ Republika

TEBET, AYOJAKARTA - Artis Nirina Zubir mengatakan, salah satu tersangka mafia tanah yang merugikan keluarganya adalah mantan asisten rumah tangga (ART) dari ibundanya yang bernama Riri Khasmita. Tiga dari lima tersangka mafia tanah telah ditahan.

"Kami sekarang cek laporan sudah sejauh mana, karena tiga tersangka kan sudah ditahan. Masih ada dua orang lagi ini, sudah ada panggilan tapi belum datang. Dua orang ini adalah pihak PPATK bernama Ina Rosaina dan Edwin Ridwan," kata Nirina Zubir di Polda Metro Jaya, Rabu (17/11).


Pemeran film Get Married itu menjelaskan, kronologis awal Riri Khasmita menjadi mafia tanah. Ketika itu, sertifikat tanah milik ibundanya disimpan, tapi kemudian dibuat seolah-olah hilang.

Riri meyakinkan ibunda Nirina bahwa sertifikatnya benar-benar hilang. Lalu, Riri merekomendasikan seseorang untuk mengurus sertifikat tersebut.

"Terus dia mengenalkan ke ibu saya orang yang bisa membantu ngurusin. Alih-alih dibantu, justru dia membalikkan surat atas nama saya dan kakak saya menjadi nama dia dan suaminya," tungkap Nirina.

Dari keterangan pelaku, empat surat tersebut sudah digadaikan ke bank, dan dua lainnya dijual. Karena itu, ia tidak yakin kasus ini akan berakhir dengan jalur damai.

Sebab, para tersangka sepertinya tidak mampu untuk mengembalikan sertifikat tanah tersebut. "Enggak yakin dia bisa balikin. Karena sampai detik ini saja dia tidak mau minta maaf. Apa yang mau didamaikan? Orangnya saja tidak mau minta maaf bahkan masih sempat ketawa-ketawa," tegas

Sebelumnya, Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Petrus Silalahi menyampaikan, kepolisian telah menangkap dan menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus mafia tanah yang merugikan keluarga artis Nirina Zubir. Kelima orang itu ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus mafia tanah yang merugikan Nirina Zubir senilai Rp 17 miliar.

"Sudah ada lima orang yang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus yang dilaporkan Nirina Zubir," ujar Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Petrus Silalahi saat dikonfirmasi, Rabu (17/11).

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Republika

Tags

Terkini

Jalani Kemoterapi, Ini Kondisi Terbaru Ari Lasso

Selasa, 16 November 2021 | 11:18 WIB
X