Pengalaman Unik dari Hobi Koleksi Barang Bekas

- Kamis, 18 November 2021 | 08:50 WIB
Pengalaman Unik dari Hobi Koleksi Barang Bekas (Sofhi Nissaul Zahra)
Pengalaman Unik dari Hobi Koleksi Barang Bekas (Sofhi Nissaul Zahra)

TEBET, AYOJAKARTA – Mengoleksi barang bekas dan antik menjadi salah satu hobi unik dan menyenangkan bagi sebagian orang. Barang bekas bisa dijual dengan harga yang beragam tergantung jenis dan kelangkaan.

Banyak barang bekas kuno yang bernilai tinggi, mulai dari barang yang sudah berhenti produksi, lampu, guci, alat komunikasi jaman dahulu, mainan, hingga pakaian.

Saat ditemui Ayojakarta belum lama ini, Afrah Aisyatul (21), seorang kolektor mainan bekas, mengatakan ia mulai tertarik mengoleksi barang bekas pada tahun 2015 ketika orang tuanya membeli sofa bekas.

Sejak itu, ia menjelajahi berbagai tempat untuk mencari furniture, guci, dan mainan bekas. Tidak hanya mencari di kota Jakarta saja, Afrah juga menjelajahi kota lain seperti Bandung dan Semarang.

Gue koleksi enamel, mainan action figure, nintendo, dan elektronik yang udah gak bisa dipake, kayak TV, radio, midi controller (instrumen alat musik) kamera sampai mesin ketik. Jadi itu semua buat pajangan aja.” ucap Afrah tentang koleksi barang yang ia punya.

Selain menemukan barang yang unik, ia juga mendapat berbagai pengalaman baru saat hunting barang bekas. Salah satu contohnya yaitu menemukan frame dan album foto yang dijual bersama dengan isi foto-foto pemilik sebelumnya.

Afrah punya alasan yang membuatnya berakhir membeli album foto itu, “Sebenarnya, suatu saat gue pengen buat video untuk mencari orang di dalam album foto. Siapa tau, album itu
menyimpan memori tersendiri untuk orang itu, tapi sangat disayangkan albumnya kebuang, terus berakhir di tempat bekas dan dijual.”

Sebagian orang mungkin menanggap barang bekas ini tidak begitu berarti, namun ada juga yang berpikiran sebaliknya. Barang bekas, antik, atau kuno dianggap punya nilai dan harga yang tinggi, apalagi jika kuantitas barang terbatas.

“Banyak barang bekas yang dijual mungkin karena pemilik sebelumnya pindah atau apapun itu. Jadi, gue berpikir kayak, Wah, kita kayak nerusin lagi untuk menjaga suatu barang dari pemilik sebelumnya.” ujar Afrah. (Sofhie Nissaul Zahra)

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Tips Berkendara Tetap Nyaman Selama Musim Hujan

Selasa, 30 November 2021 | 11:18 WIB

10 Manfaat Air Mawar untuk Kulit

Minggu, 21 November 2021 | 14:02 WIB

Cara Usir Stres dan Kecemasan Menurut Ajaran Islam

Minggu, 21 November 2021 | 10:21 WIB

Ini Waktu Paling Pas untuk Minum Kopi

Minggu, 21 November 2021 | 09:09 WIB

Pengalaman Unik dari Hobi Koleksi Barang Bekas

Kamis, 18 November 2021 | 08:50 WIB

10 Tips Agar Makeup Terlihat Flawless Seharian

Selasa, 16 November 2021 | 12:10 WIB
X