10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

- Rabu, 17 November 2021 | 14:01 WIB
ilustrasi wajah (Pixabay)
ilustrasi wajah (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Bertambah tua adalah hal yang normal terjadi pada setiap orang seiring bertambahnya usia. Namun, hal ini bisa menjadi sangat mengejutkan apabila terjadi lebih awal, inilah yang disebut penuaan dini.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit menua, beberapa hal tidak bisa dicegah tetapi ada juga yang dapat kita cegah. Sebagaimana lingkungan dan pilihan gaya hidup dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya.

Dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan, kamu dapat memperlambat atau mencegah penuaan dini loh kawan. Simak cara-cara berikut ini yang dilansir aad.org:

1. Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari
Melindungi diri dari sinar matahari sangatlah penting, meskipun kamu hanya beraktivitas di luar seperti biasanya atau menghabiskan hari di pantai. Kamu dapat melindungi kulit dengan cara menutupinya dengan pakaian tertutup seperti kemeja lengan panjang, celana, topi yang lebar, dan kacamata hitam dengan perlindungan UV.

Salah satu hal yang perlu dilakukan lainnya adalah menggunakan sunscreen minimal SPF 30. Kamu harus menggunakannya setiap hari ke semua kulit yang tidak tertutup pakaian.

2. Jika kamu merokok, berhentilah
Merokok mempercepat proses penuaan kulit. Ini juga menyebabkan kerutan, kulit kusam, dan pucat.

3. Hindari ekspresi wajah yang berulang
Saat membuat ekspresi wajah, itu berarti kamu mengontraksikan otot-otot di bawahnya. Jika mengontraksikan otot yang sama secara terus menerus, garis-garis ini menjadi permanen. Oh ya, mengenakan kacamata hitam juga dapat membantu mengurangi garis yang disebabkan oleh menyipitkan mata loh kawan.

4. Makan makanan yang sehat dan seimbang
Makan banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang mengakibatkan penuaan kulit dini. Sedangkan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan.

5. Jangan minum banyak alkohol
Alkohol sifatnya kasar bagi kulit. Ini bisa merusak kulit dan membuatnya terlihat lebih tua. Jadi sebaiknya hindari meminum alkohol atau kurangi sedikit demi sedikit.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Tips Berkendara Tetap Nyaman Selama Musim Hujan

Selasa, 30 November 2021 | 11:18 WIB

10 Manfaat Air Mawar untuk Kulit

Minggu, 21 November 2021 | 14:02 WIB

Cara Usir Stres dan Kecemasan Menurut Ajaran Islam

Minggu, 21 November 2021 | 10:21 WIB

Ini Waktu Paling Pas untuk Minum Kopi

Minggu, 21 November 2021 | 09:09 WIB

Pengalaman Unik dari Hobi Koleksi Barang Bekas

Kamis, 18 November 2021 | 08:50 WIB

10 Tips Agar Makeup Terlihat Flawless Seharian

Selasa, 16 November 2021 | 12:10 WIB
X