Viral di TikTok Biji Chia Bisa Turunkan Berat Badan, Ahli Gizi: Sudah Terbukti

Husnul Khatimah
- Jumat, 5 November 2021 | 09:22 WIB
Ilustrasi Berat Badan Ideal (Pixabay)
Ilustrasi Berat Badan Ideal (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - TikTok dibanjiri dengan aneka tips penurunan berat badan yang diklaim jutaan penggunanya sebagai rahasia sukses. Sebagian tips itu juga dicemooh sebagian orang, namun ternyata para ahli diet mengatakan salah satunya mungkin benar-benar berhasil, yakni penggunaan biji chia.

Air biji chia kini jadi populer di platform media sosial sebagai cara sederhana untuk menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Minuman ini dibuat dengan cara mencampurkan dua sendok makan biji chia ke dalam segelas besar air dan membiarkannya selama beberapa menit.

Biji chia akan mengembang di dalam air dan menjadi lunak, sementara airnya menjadi lebih keruh. Tiktokers merekomendasikan untuk meminumnya 30 menit sebelum makan.

Saran itu masuk akal karena biji chia akan mengembang di dalam saluran cerna dan membentuk gel, membuat orang kenyang dan tak makan berlebihan. Biji chia memiliki kandungan serat tinggi, sekitar 10 gram dalam dua sendok makan, sepertiga dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh rekomendasi National Health Service Inggris.

"Memilih makanan berserat akan membuat kita merasa lebih kenyang, sementara diet kaya serat dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit," kata NHS yang menyebut serat telah terbukti dalam penelitian dapat menurunkan berat badan.

Biji chia juga sangat terkait dengan pencegahan kanker usus yang lebih rendah, diabetes tipe 2, strok, dan penyakit jantung. Ahli Gizi di YorkTest, Kerri Ferraioli, mengatakan bahwa infused water dengan biji chia dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan lemaknya yang tinggi untuk kesehatan serta kemampuannya membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama.

"Karena memiliki protein dan lemak sehat, chia seed dapat membuat kita merasa cepat kenyang dan kenyang lebih lama tanpa menyebabkan gula darah melonjak," ucap ahli diet berlisensi, Bonnie Taub-Dix, dikutip The Sun, Sabtu (30/10).

Ada banyak bukti yang mendukung bahwa khasiat biji chia bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Tetapi, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa bijinya sendiri akan menyebabkan penurunan berat badan, baik diminum sebagai rendaman atau bukan.

Dalam satu penelitian terhadap 90 orang yang kelebihan berat badan, tidak ada efek yang terlihat dari asupan 50 gram biji chia per hari selama 12 pekan. Sebaliknya, sebuah penelitian selama enam bulan pada orang gemuk dengan diabetes tipe 2 yang menjalani diet rendah kalori tampak bahwa memakan biji chia setiap hari menyebabkan penurunan berat badan yang jauh lebih besar daripada yang tidak mengonsumsinya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Republika.co.id

Tags

Terkini

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin dan Mineral

Minggu, 1 Mei 2022 | 09:04 WIB

Waspadai, Ini Ciri Kanker Ovarium pada Perempuan

Sabtu, 23 April 2022 | 17:00 WIB

Wah Ngeri! Ini Dampak Negatif Kurang Gerak

Sabtu, 23 April 2022 | 15:00 WIB

Ini 7 Ciri Anak Jenius dan Cerdas Sejak Bayi

Senin, 21 Maret 2022 | 19:00 WIB

Yuk! Kenali Gejala Hipertensi Sejak Dini

Selasa, 8 Maret 2022 | 07:30 WIB

Tips Antisipasi dan Cegah DBD di Lingkungan Anda

Sabtu, 5 Maret 2022 | 13:30 WIB

Ini Beda Gejala DBD dan Covid Varian Omicron

Rabu, 2 Maret 2022 | 15:00 WIB

Ini Tanda dan Gejala Menopause pada Perempuan

Sabtu, 26 Februari 2022 | 19:00 WIB

5 Tips Mendidik Anak Beranjak Remaja yang Keras Kepala

Sabtu, 26 Februari 2022 | 11:30 WIB

Ini 7 Efek Samping Vaksinasi Booster Covid-19

Rabu, 23 Februari 2022 | 19:00 WIB

Simak! 7 Makanan untuk Tingkatkan Kesuburan

Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:00 WIB

Simak! 4 Jenis Minuman Pengusir Kantuk Selain Kopi

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:48 WIB
X