Tiga Hal Penting untuk Jaga Berat Badan yang Ideal dan Sehat

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:18 WIB
Ilustrasi Berat Badan Ideal (Pixabay)
Ilustrasi Berat Badan Ideal (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Menjaga berat bada ideal dan sehat nampaknya tidak mudah. Dari 29 studi terkait penurunan berat badan, menemukan bahwa lebih dari 50 persen peserta gagal mempertahankan bb ideal dalam rata-rata 2 tahun.

Jadi, bagaimana langkah efektif agar bisa menjaga berat badan tetap ideal? Untuk mengetahuinya, sebuah penelitian baru oleh California Polytechnic State University mensurvei hampir 5.000 anggota WW (Weight Watchers) yang telah berhasil menurunkan rata-rata 50 pound selama lebih dari tiga tahun.

Para peneliti kemudian melihat laporan strategi manajemen berat badan anggota WW dan membandingkan gaya hidup mereka dengan kelompok Control. Kelompok yang terdiri lebih dari 500 orang gemuk yang belum pernah kehilangan atau bertambah banyak berat badan dalam lima tahun atau lebih.

Dengan melihat 54 perilaku berbeda yang berkaitan dengan mengatur berat badan, para kemudian bisa menentukan mana yang paling penting untuk mempertahankan berat badan yang konsisten dan sehat. Berikut ringkasannya seperti dilansir Mind Body Green, Senin (27/1).

Pilih makanan dengan bijak
Mungkin tidak mengejutkan bahwa salah satu hal paling penting yang dapat dilakukan untuk memanaj berat badan adalah mencari tahu seperti apa pola makan sehat bagi diri sendiri.

Dalam studi khusus ini, para peneliti mengamati bahwa mereka yang berhasil menurunkan berat badan sering melaporkan strategi seperti menetapkan tujuan asupan makanan sehari-hari

Penuhi kebutuhan nutrisi
Tidak cukup hanya mengonsumsi makanan sehat namun porsinya mati, semisal terlalu banyak karbohidrat, tidak cukup lemak atau protein sehat, tidak cukup buah, sayuran dan lainnya. Untuk menjaga berat badan ideal, pastikan Anda menakar apakah makanan yang akan dikonsumsi sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian atau tidak.

Ubah mindset
Faktor ketiga yang dianggap penting untuk manajemen berat badan adalah strategi koping psikologis. Yakni metode yang dilakukan individu untuk mengendalikan situasi atau masalah yang dialami dan dipandang sebagai hambatan atau ancaman.

Caranya bisa dilakukan dengan self-talk yang positif dan tetap optimis bahwa berat badan pulih kembali. Jika faktor ini dirasa tidak mudah, Anda bisa mempertimbangkan aplikasi penurunan berat badan yang memberi tekanan besar pada psikologi.

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Republika.co.id

Tags

Terkini

6 Cara Meredakan Kram Saat Menstruasi

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:25 WIB

Diet Ekstrem Ala Kpop Idol yang Akan Membuatmu Kaget!

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:53 WIB

Hati-hati, Sakit Gigi Bisa Sebabkan Diabetes

Rabu, 6 Oktober 2021 | 06:47 WIB

5 Mitos Soal Diabetes yang Banyak Dipercaya Orang

Selasa, 5 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Ini 7 Camilan yang Cocok Buat Program Diet

Jumat, 1 Oktober 2021 | 09:06 WIB

Dokter Bagikan Rumus Tertidur Nyenyak Sepanjang Malam

Rabu, 29 September 2021 | 08:32 WIB

4 Jenis Karbohidrat Ini Baik untuk Turunkan Berat Badan

Selasa, 28 September 2021 | 12:54 WIB

Cara Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Senin, 27 September 2021 | 13:51 WIB

Cara Mudah Mengatasi Tumit Pecah-pecah dengan Benar

Senin, 27 September 2021 | 13:17 WIB

6 Pertanda Kamu Kekurangan Vitamin

Minggu, 26 September 2021 | 08:50 WIB
X