3 Penyebab Daun Janda Bolong Tak Berlubang

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:39 WIB
Ilustrasi  (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Tanaman hias janda bolong merupakan salah satu elemen interior yang akan membuat rumah terlihat lebih segar dipandang. Tanaman hias ini dikenal memiliki lubang yang unik. Namun, rupanya tanaman ini ada juga yang tak berlubang. Lantas, kenapa daun janda bolong tidak berlubang ?

Tanaman janda bolong sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan kolektor tanaman. Bagaimana tidak, tanaman ini memiliki harga jual yang spektakuler, yakni mencapai ratusan juta rupiah. 

Diketahui, tanaman janda bolong atau yang dikenal juga dengan nama monstera obliquaatau philodendron. Monstera adansonii ini termasuk keluarga araceae dari marga monstera yang disukai para kolektor tanaman.

Dinamakan janda bolong karena bagian tengah daun terdapat lubang-lubang. Namun, ada juga tanaman janda bolong yang tidak berlubang. Lantas, kenapa daun janda bolong tidak berlubang? Simak penjelasannya berikut ini dilansir dari planethouesplant.com.

Jenis yang Berbeda

Tanaman janda bolong terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Mulai dari ukuran, bentuk, dan penempatan lubang, itu dapat sangat bervariasi. Untuk jenis janda bolong Obliqua, biasanya lebih banyak daun daripada lubangnya dan lebih bermoftif daripada jenis adansonii.

Belum Cukup Umur

Diketahui, jika jenis tanaman hias janda bolong adansonii tidak mengembangkan daun berfenestrasi, kemungkinan ia belum cukup umur. Biasanya jenis adansonii lebih menonjolkan desainnya, dibandingkan daunnya. Selain itu, jenis adansonii juga tidak akan terlalu menonjolkan desain daunnya jika belum cukup umur.

Umumnya, jenis dansonii akan berfenestrasi dalam tiga atau empat daun pertama. Dalam fenestrasi awal tersebut, ada kemungkinan terdapat satu daun 'utuh' tanpa lubang, meski yang lain berlubang. Namun, biasanya daun yang tak berlubang tersebut tak mampu bertahan lama.

Halaman:

Editor: Firda Puri

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

5 Manfaat Istimewa Air Tajin

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:02 WIB

6 Cara yang Efektif Menghilangkan Ketombe

Minggu, 17 Oktober 2021 | 12:51 WIB

11 Amalan Penghapus Dosa Setelah Bertaubat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:40 WIB

7 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:41 WIB

5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:39 WIB

5 Game Mobile Pilihan yang Seru untuk Dimainkan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:39 WIB

Kacang Disebut Bisa Bikin Badan Gemuk, Benarkah?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:34 WIB

3 Penyebab Daun Janda Bolong Tak Berlubang

Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:39 WIB
X