5 Cara Mengatasi Tekstur Kulit yang Tidak Rata

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:55 WIB
ilustrasi wajah (Pixabay)
ilustrasi wajah (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Mendapatkan kulit yang halus dan sehat adalah dambaan semua orang. Tetapi untuk mendapatkan hal itu tidaklah mudah. Pernahkah kamu menggunakan concealer atau foundation yang membuat benjolan dan pori-pori di kulitmu terlihat sangat jelas? Itulah yang disebut dengan tekstur kulit. Menurut seorang dermatologist, Dr. Frank, tekstur kulit yang tidak rata biasanya merupakan hasil dari kelebihan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit.

Perlu diketahui jika semua orang pasti memiliki tekstur kulit dan hal itu normal. Bahkan artis yang terlihat memiliki kulit yang halus dan bercahayapun memiliki tekstur kulit. Meskipun kamu tidak bisa mendapatkan kulit yang sempurna, kamu bisa meminimalisir tekstur kulit dengan menghaluskannya. Simak penjelasan berikut mengenai cara mengatasi tekstur kulit yang tidak rata yang dilansir byrdie.com:

  1. Eksfoliasi

Tekstur kulit terjadi karena penumpukan sel kulit, jadi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal itu adalah membuang sel-sel mati di kulit. Melakukan eksfoliasi dapat membantu kulit untuk mengganti sel kulit mati dengan sel yang baru. Kamu bisa melakukan eksfoliasi 1—2 kali seminggu pada area yang terasa tidak rata. Perlu diingat apabila melakukannya terlalu sering dapat menyebabkan produksi minyak berlebih dan kerusakan kulit. Hal itu hanya akan memperburuk masalah teksturmu.

  1. Gunakan chemical peel

Tahu gak sih kawan jika seiring dengan berjalannya waktu, tubuhmu akan lebih sulit untuk melepaskan sel kulit mati. Akibatnya, kulit menjadi kusam, warna kulit dan tekstur kulit juga tidak rata. Salah satu cara mudah dan efektif untuk mengatasinya dengan cepat adalah dengan chemical peel. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk pergi ke dokter kulit dan melakukan chemical peel, cobalah untuk menggunakan masker wajah di rumah.

  1. Menggunakan produk berbahan dasar minyak

Produk berbahan dasar minyak adalah pilihan terbaik untuk mengatur produksi sebum di kulit. Tekstur kulit khususnya di area hidung serta bintik-bintik hitam akan mengalami lebih sedikit penumpukan apabila kamu menggunakan produk berbahan dasar minyak secara teratur.

  1. Vitamin C

Salah satu kandungan skincare yang dikenal untuk mencerahkan wajah ini ternyata juga berfungsi untuk menghaluskan tekstur yang tidak rata loh kawan. Vitamin C dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dengan menyediakan antioksidan kuat yang dapat memperbaiki dan mempertahankan kulit dari kerusakan lingkungan dan mengembalikan kekenyalan sekaligus mengurangi pigmentasi, jaringan parut, dan bintik-bintik penuaan.

  1. Sunscreen

Gunakan sunscreen agar terhindar dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan tekstur kulit tidak merata. Tentunya menghindari lebih baik daripada mengatasi bukan? Jadi gunakanlah sunscreen minimal SPF 30 saat berada di luar untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Melindungi kulit dari sinar matahari harus selalu menjadi prioritas pertama ya kawan.

Itu dia hal-hal yang kamu bisa lakukan untuk mengatasi tekstur kulit. Yuk coba lakukan agar kulit terasa lebih halus dan bercahaya. Semoga membantu ya kawan! (Dianur Kholifah Ummah)

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

5 Manfaat Istimewa Air Tajin

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:02 WIB

6 Cara yang Efektif Menghilangkan Ketombe

Minggu, 17 Oktober 2021 | 12:51 WIB

11 Amalan Penghapus Dosa Setelah Bertaubat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:40 WIB

7 Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:41 WIB

5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:39 WIB

5 Game Mobile Pilihan yang Seru untuk Dimainkan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:39 WIB

Kacang Disebut Bisa Bikin Badan Gemuk, Benarkah?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:34 WIB

3 Penyebab Daun Janda Bolong Tak Berlubang

Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:39 WIB
X