Cara Mudah Mengatasi Tumit Pecah-pecah dengan Benar

- Senin, 27 September 2021 | 13:17 WIB
Kaki Manusia (Ilustrasi/ Pixabay)
Kaki Manusia (Ilustrasi/ Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Tumit pecah-pecah merupakan kondisi yang umum ditemukan, tetapi bisa membuat kaki tidak nyaman atau bahkan sakit. Kondisi ini terjadi akibat kulit yang kering disertai kulit menebal. Meskibun tumit pecah-pecah bukanlah hal yang serius bagi kesehatan, tetapi satu-satunya masalah dengan tumit pecah-pecah adalah dapat mengganggu penampilan. Tumit yang pecah bisa dengan jelas terlihat terutama saat menggunakan sepatu yang bagian belakangnya terbuka.

Tetapi kamu gak perlu khawatir kawan, karena tumit yang pecah masih bisa dengan mudah diatasi. Ikuti cara-cara berikut ini untuk mengatasi tumit pecah-pecah yang dilansir healthline.com:

  1. Pelembab

Perawatan pertama bagi tumit pecah-pecah yang wajib kamu lakukan adalah menggunakan balm atau pelembab yang saat ini sudah bisa dengan mudah kamu temukan di drug store terdekat. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kelembaban, melembutkan, dan mengelupas kulit yang mati. Carilah pelembab yang memiliki kandungan salicylic acid, alpha-hydroxy acid, dan saccharide isomerate. Perlu diperhatikan bahwa beberapa balm dapat menyebabkan rasa perih atau iritasi ringan tetapi hal itu normal. Konsultasikan kepada dokter jika terjadi reaksi parah.

  1. Merendam Kaki

Kulit di sekitar tumit yang pecah cenderung lebih tebal dan kering yang akan dengan mudah pecah saat diberi tekanan. Merendam kaki dapat membantu untuk mengatasinya. Diamkan kakimu dalam air hangat yang diberi sabun selama 20 menit, lalu gunakan penggosok kaki untuk menghilangkan kulit yang keras dan tebal.

Tepuk-tepuk kakimu dengan lembut hingga kering lalu oleskan pelembab pada area yang pecah-pecah. Kamu juga bisa mengoleskan petroleum jelly untuk mengunci kelembapan. Jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki dam hindari menggosok kaki saat kering.

  1. Gunakan Kaus Kaki Katun

Coba untuk menggunakan kaus kaki yang 100% berbahan katun setelah mengoleskan petroleum jelly. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kelembapan, kulit tumit bisa bernafas, mencegah sprei menjadi kotor akibat petroleum jelly. Apabila dilakukan secara rutin maka tumit yang pecah-pecah akan menjadi lebih baik.

  1. Madu

Madu dapat bekerja sebagai obat alami bagi tumit yang pecah-pecah. Madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri sehingga dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, serta melembabkan kulit. Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menggunakan madu sebagai scrub kaki setelah berendam, atau mengoleskannya sebagai masker kaki dan diamkan semalaman.

  1. Gunakan Perban Cair

Perban cair adalah pilihan yang baik untuk mengobati retakan tumit dalam yang mungkin berdarah. Kamu juga bisa dengan mudah membelinya di toko obat terdekat atau online shop. Penggunaan perban cair, gel, atau semprot dapat memudahkan untuk menutupi kulit yang pecah-pecah. Hal ini dapat memberikan lapisan pelindung di retakan kulit, mengurangi rasa sakit, dan menghentikan kotoran masuk sehingga proses penyembuhan jadi lebih cepat.  Cara penggunaannya juga sangat praktis, kamu cukup menyemprotkannya lalu kamu bisa menjalani hari tanpa khawatir perban akan lepas (Dianur Kholifah Ummah)

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

6 Cara Meredakan Kram Saat Menstruasi

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:25 WIB

Diet Ekstrem Ala Kpop Idol yang Akan Membuatmu Kaget!

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:53 WIB

Hati-hati, Sakit Gigi Bisa Sebabkan Diabetes

Rabu, 6 Oktober 2021 | 06:47 WIB

5 Mitos Soal Diabetes yang Banyak Dipercaya Orang

Selasa, 5 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Ini 7 Camilan yang Cocok Buat Program Diet

Jumat, 1 Oktober 2021 | 09:06 WIB

Dokter Bagikan Rumus Tertidur Nyenyak Sepanjang Malam

Rabu, 29 September 2021 | 08:32 WIB

4 Jenis Karbohidrat Ini Baik untuk Turunkan Berat Badan

Selasa, 28 September 2021 | 12:54 WIB

Cara Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Senin, 27 September 2021 | 13:51 WIB

Cara Mudah Mengatasi Tumit Pecah-pecah dengan Benar

Senin, 27 September 2021 | 13:17 WIB

6 Pertanda Kamu Kekurangan Vitamin

Minggu, 26 September 2021 | 08:50 WIB
X