Ini Tanda-tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulit dan Perlu Dihentikan

- Rabu, 15 September 2021 | 11:25 WIB
Ilustrasi skincare (Pixabay)
Ilustrasi skincare (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Saat ini orang-orang mencoba banyak produk skincare karena tergiur dengan hasil yang ditawarkan tanpa mengetahui efek apa yang diberikan kepada
kulitnya. Tentu saja hal ini terjadi karena mereka menginginkan kulit yang sehat
dan terhindar dari masalah kulit, oleh karena itu penggunaan skincare sangat
digandrungi. Terlebih apabila produk skincare tersebut banyak digunakan dan menerima banyak ulasan positif dari kalangan selebritas dan menjadi tren yang banyak diikuti oleh banyak orang.

Pasti hal tersebut membuat kamu penasaran dan ingin mencobanya juga bukan? Tapi ingat loh kalau kamu harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan saat menggunakan skincare.

Cocok atau tidaknya menggunakan skincare itu tergantung dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing orang. Apabila seseorang cocok dengan suatu produk skincare, belum tentu kamu juga akan cocok dengan produk tersebut.

Saat menggunakan skincare khususnya pada awal penggunaan, munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya bisa dikatakan normal karena mungkin saja itu adalah reaksi awal atau purging. Tetapi apabila hal itu sudah terjadi untuk beberapa waktu kamu pasti akan dibuat bingung dengan kemungkinan apakah ini hanya reaksi awal atau memang tidak cocok dan kapan harus menghentikan penggunaannya.

Nah simak tanda-tanda yang muncul apabila skincare tidak cocok dikulit kamu yang dilansir dari www.herworld.com:

1. Adanya Perubahan Warna pada Kulit
Perubahan warna pada beberapa daerah kulit bisa disebabkan oleh sinar matahari. Tapi hal ini juga bisa jadi pertanda adanya ketidakcocokan skincare dengan kondisi kulit kamu. Reaksi ini secara spesifik terjadi apabila kamu tidak cocok dengan suatu produk yang memiliki manfaat untuk mencerahkan.

2. Muncul Rasa Gatal dan Kemerahan
Kulit yang gatal dan muncul kemerahan bisa menjadi salah satu tanda jika produk tidak cocok dengan kulit dan perlu dihentikan penggunaannya segera. Beberapa produk yang mengandung benzoil peroksida memang memiliki efek iritasi ringan tapi apabila keluhan tersebut bertahan lama itu merupakan indikasibahwa produk tidak cocok denganmu.

3. Kulit Menjadi Berminyak dan Sangat kering
Menggunakan produk skincare yang salah dapat memperburuk kondisi kulit, seperti membuat kulit terasa sangat berminyak atau sangat kering. Jika kamu pada dasarnya memiliki kulit yang kering maka menggunakan produk berbahan dasar asam dapat memperburuk kondisi kulit. Hindari menggunakan produk yang dapat membuat kulitmu lebih kering seperti alkohol. Berhati-hati juga saat menggunakan produk dengan klaim oil control karna dalam beberapa kasus, hal itu bisa menyebabkan hilangnya minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Efeknya adalah muncul minyak yang berlebihan di wajah.

4. Tidak Ada Kemajuan
Dalam Menggunakan skincare kita memang harus bersabar agar dapat merasakan hasilnya ya kawan. Skincare bisa memakan waktu dua hingga empat minggu untuk bisa bekerja. Setiap produk skincare membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Tetapi apabila kamu masih belum merasakan hasilnya selama berbulan-bulan maka kamu bisa menghentikan penggunaannya karena tidak memberikan manfaat pada kulitmu.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

3 Resep Smoothies Bowl yang Bisa Dicoba untuk Sarapan

Kamis, 16 September 2021 | 18:09 WIB

5 Penyebab Kulkas Tak Dingin Lagi

Selasa, 14 September 2021 | 15:27 WIB

Cara Beli Aglonema di Toko Online Supaya Tak Tertipu

Selasa, 14 September 2021 | 14:38 WIB

Dua Hal yang Dapat Memutuskan Salat

Selasa, 14 September 2021 | 11:42 WIB

Trik Membedakan Telur Segar dan Lama

Senin, 13 September 2021 | 16:02 WIB

Tips Ombre Lips untuk Bibir Gelap, Yuk Simak!

Senin, 13 September 2021 | 13:53 WIB

4 Cara Atasi Rambut Rusak Gara-gara Bleaching

Sabtu, 11 September 2021 | 17:17 WIB
X