Lewat Media Daring, Politeknik Negeri Jakarta Tanamkan Integritas Saat Pandemi

- Minggu, 4 Juli 2021 | 10:16 WIB
Suasana sepi di kampus Politeknik Negeri Jakarta, Depok, semasa pandemi Covid-19/istimewa
Suasana sepi di kampus Politeknik Negeri Jakarta, Depok, semasa pandemi Covid-19/istimewa

DEPOK, AYOJAKARTA -- Lingkungan kampus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Depok, yang biasanya ramai dengan aktifitas mahasiswa sudah satu tahun terakhir sepi sunyi. Gedung-gedung jurusan ditutup untuk beberapa saat. Kalaupun ada yang dibuka, kegiatan dibatasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dunia kampus rasanya kehilangan euforia. Banyak hal yang terlewatkan dari dunia pendidikan di perguruan tinggi. Tak hanya soal perkuliahan yang berlangsung secara daring. Pembentukan nilai dan karakter bagi para mahasiswa harus disiasati agar tak terlewat begitu saja.

Politeknik Negeri Jakarta memaksimalkan media daring sebagai sarana untuk penanaman nilai-nilai itu. Pembuatan situs, platform online hingga banner yang terpampang di lingkungan kampus diharapkan dapat menyadarkan mahasiswa mengenai pentingnya nilai integritas dalam diri.

Sulit tetapi bukan tak mungkin. Tantangan untuk mensosialisasikan nilai-nilai integritas ini juga diungkapkan oleh Koordinator Penguatan Sistem Pengawasa PNJ, Hayati Fatimah, SE. MAk. Ak. CA.

“Saat pandemi ini, mau gak mau, ada kendala pencapaian target dari yang kami inginkan. Sosialisasinya juga sangat terbatas karena gak bisa offline. Memang optimal, belum, tapi ada peningkatan dari sebelumnya. Jadi kami memaksimalkan lewat website atau flyer serta pemasangan banner di tempat strategis di lingkungan kampus PNJ,” ujar Hayati (3 Juli 2021).

Meski dirasa belum optimal, Hayati mengungkapkan lewat sosialisasi via media daring memberikan dampak terhadap peningkatan perubahan tata nilai dari sebelumnya. Sama halnya dengan Ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Dra. Wiwi Prastiwinarti, M.M yang mensosialisasikan nilai-nilai integritas yang dikemas dalam bentuk video inspiratif.

Video singkat bertajuk ‘Jujur Itu Mahal’ dan ‘Integritas Dimulai Dari Diri Sendiri’ yang baru dirilis di kanal Youtube Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta, 3 Juli 2021, menjadi salah satu upaya menanamkan nilai integritas walaupun dibatasi oleh ruang.

Dalam video itu digambarkan bahwa integritas dapat dimulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, seperti jujur saat ujian, tertib dengan peraturan dan berani menolak gratifikasi.

Menurut dia, integritas sangat penting untuk generasi muda penerus bangsa. Mereka itu, lanjut Wiwi, memiliki potensi emas yang perlu dibina agar kelak menjadi menjadi pemimpin unggul. “Mahasiswa perlu didorong tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta profesional dalam berkarier, tetapi juga memiliki karakter yang kuat terutama kejujuran dan integritas.”

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Kaleng Berisi Peluru Ditemukan di Depok

Senin, 5 April 2021 | 14:17 WIB

Kota Depok Berlakukan E-Tilang 23 Maret 2021

Senin, 15 Maret 2021 | 18:21 WIB

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Depok kebanjiran

Sabtu, 20 Februari 2021 | 12:53 WIB

Lokasi SIM Keliling Kota Depok Hari Ini

Kamis, 18 Februari 2021 | 07:25 WIB

Di Depok Sudah Tidak Ada RT yang Masuk Zona Merah

Minggu, 14 Februari 2021 | 10:52 WIB

Longsor Terjang Cilodong Depok, Satu Rumah Ambruk

Kamis, 11 Februari 2021 | 18:12 WIB
X