Tak Ada Izin Resmi, Pasar Muamalah Depok Sudah Ada Sejak 2016

- Sabtu, 30 Januari 2021 | 10:00 WIB
Pasar Muamalah Depok transaksi pakai dinar dan dirham (Youtube Arsip Nusantara)
Pasar Muamalah Depok transaksi pakai dinar dan dirham (Youtube Arsip Nusantara)

DEPOK, AYOJAKARTA.COM - Pasar Muamalah di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat, ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Pasalnya, transaksi jual beli di pasar tersebut tidak menggunakan mata uang rupiah, melainkan koin dinar dan dirham.

Lurah Tanah Baru Kota Depok Zakky Fauzan melaporkan keberadaan Pasar Muamalah yang bertransaksi menggunakan koin dinar dan dirham. Laporan dibuat ke Kecamatan Beji dan Satpol PP Kota Depok.

"Adapun hasil pemantauan Kasi Pemerintahan, Bimaspol, dan Babaonsa di lokasi didapatkan keterangan, benar terdapat aktivitas tersebut," ujar Zakky dalam keterangannya yang diterima Ayojakarta, Sabtu (30/1/2021). 

Pasar Muamalah itu, lanjut Zakky, bukan baru buka tahun ini. Keberadaan pasar tersebut dapat dilacak dari riwayat digitalnya melalui berbagai pemberitaan dan publikasi sejak 2016.

Namun, diakui dia, Pasar Muamalah ini kembali disoroti baru-baru ini karena menerima transaksi dinar dan dirham. Selain kabarnya kembali viral di media sosial, aparat disebut melakukan inspeksi ke lokasi tersebut hari in

"Ke kami tidak ada izin resmi," ucapnya. 

Dia menyebut, Pasar Muamalah beroperasi setiap Minggu per dua pekan sekali di Jalan Raya Tanah Baru, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok. Pasar Muamalah dibuka di sebuah ruko milik seorang warga bernama Zaim (60) dan beroperasi mulai pukul 7.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

"Yang saya ketahui untuk proses pembayaran pada transaksi jual beli dipasar Muamalah dengan menggunakan Koin Dinar dan Dirham," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Zakky mengatakan, Zaim sang pemilik ruko sempat meminta warga sekitar tak merasa terganggu dengan aktivitas Pasar Muamalah.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Kaleng Berisi Peluru Ditemukan di Depok

Senin, 5 April 2021 | 14:17 WIB

Kota Depok Berlakukan E-Tilang 23 Maret 2021

Senin, 15 Maret 2021 | 18:21 WIB

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Depok kebanjiran

Sabtu, 20 Februari 2021 | 12:53 WIB

Lokasi SIM Keliling Kota Depok Hari Ini

Kamis, 18 Februari 2021 | 07:25 WIB

Di Depok Sudah Tidak Ada RT yang Masuk Zona Merah

Minggu, 14 Februari 2021 | 10:52 WIB

Longsor Terjang Cilodong Depok, Satu Rumah Ambruk

Kamis, 11 Februari 2021 | 18:12 WIB
X