Pedagang Pasar di Bogor Bisa Jualan Lagi Asal Sudah Divaksin

- Jumat, 23 Juli 2021 | 17:39 WIB
Ilustrasi  / Pixabay
Ilustrasi / Pixabay

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) berencana bakal melakukan pelonggaran secara bertahap terhadap sejumlah sektor perekonomian di masa perpanjangan PPKM level 3 dan 4. 

Rencananya, Pemkot Bogor memperbolehkan sejumlah pasar tradisional dan pasar modern untuk kembali beroperasi. Namun, tetap dengan sejumlah syarat dan protokol ketat.

"Sejumlah sektor perekonomian yang semula dilarang beroperasi pada PPKM Darurat kemarin, akan kami buka kembali secara bertahap. Tapi, tetap dengan sejumlah catatan," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Jumat 23 Juli 2021.

Dedie meminta kepada Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda PPJ) Kota Bogor agar memprioritaskan pedagang yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 untuk diperkenankan kembali berjualan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 di pasar.

"Saya sudah minta agar pedagang yang sudah divaksin untuk menjadi prioritas kembali beroperasi. Hal ini juga untuk mendorong pedagang yang tidak mau divaksinasi untuk ikut divaksinasi. Ini juga sejalan dengan program percepatan vaksinasi di Kota Bogor," ucapnya.

Direktur Perumda PPJ Kota Bogor Muzakkir mengatakan, berdasarkan data yang ada, sekitar 30 hingga 40 persen pedagang yang ada di bawah naungannya sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Dari 22 ribu pedagang yang ada, 9 ribu diantaranya menjadi prioritas vaksinasi Covid-19. Namun baru sekitar 4 hingga 5 ribu yang sudah menjalani vaksinasi. Sisanya masih ada yang berproses. Seperti baru melakukan vaksinasi dosis pertama hingga ada juga yang masih menunggu," ujarnya.

Muzakir mengaku masih terus berkoordinsi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor agar mengalokasikan kembali vaksin bagi pedagang pasar.

"Harapan kami dalam dua pekan kedepan ini pedagang bisa divaksinasi. Agar nantinya bisa kami terapkan kebijakan toko atau kios di pasar bisa kembali beroperasi dengan catat pedagang sudah jalani vaksinasi Covid-19," ujar dia.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Rencana Pembukaan Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritik

Senin, 27 September 2021 | 19:11 WIB

Makin Macet, Pembangunan Jalur Puncak 2 Kian Penting

Minggu, 26 September 2021 | 10:50 WIB

Kisruh Lahan Rocky Gerung dengan Sentul City Kian Samar

Jumat, 24 September 2021 | 10:33 WIB
X