Selama PPKM Darurat, Tingkat Hunian Hotel di Kawan Puncak Merosot Tajam

- Selasa, 13 Juli 2021 | 17:13 WIB
Selama PPKM Darurat, Tingkat Hunian Hotel di Kawan Puncak Merosot Tajam / Yogi Faisal
Selama PPKM Darurat, Tingkat Hunian Hotel di Kawan Puncak Merosot Tajam / Yogi Faisal

KABUPATEN BOGOR, AYOJAKARTA - Pengusaha hotel di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor kembali mesti gigit jari. Pasalnya, selama pemberlakuan PPKM Darurat di Kabupaten Bogor, tingkat hunian hotel di kawasan Puncak merosot tajam.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Budi Sulistyo mengatakan, merosotnya tingkat hunian hotel di kawasan Puncak terjadi lantaran imbas dari pemberlakuan PPKM Darurat di Kabupaten Bogor.

"Mobilitas masyarakat dibatasi, destinasi wisata di tutup, pengurangan kapasitas, hingga kebijakan pengetatan lainnya. Jadi wajar saja hotel-hotel di Puncak okupansinya merosot tajam," katanya, Selasa 13 Juli 2021.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, selama PPKM Darurat, rata-rata tingkat hunian atau okupansi hotel di kawasan Puncak Kabupaten Bogor tak lebih dari 10 persen. 

Bahkan dalam satu pekan ada beberapa hotel yang hanya menerima tamu tak lebih dari 10 orang di setiap pekannya. "Tentunya ini menjadi mimpi buruk bagi menejemen hotel," ucapnya.

Kondisi tersebut tentunya menjadi dilema besar bagi para pengusaha hotel. Sebab, saat mereka tetap beroperasi, para pengusaha hotel tidak mendapatkan pemasukan untuk menutupi biaya operasional. Oleh karenanya, sebagian besar pengusaha hotel melakukan pengurangan jam kerja. 

Berdasarkan pantauan Budi, selama tiga bulan belakangan tingkat hunian hotel berangsur membaik. Seiring dengan adanya pelonggaran pada mobilitas masyarakat. 

Meski demikian, hotel-hotel tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Terutama dengan mengurangi tingkat hunian hotel lebih rendah dari kapasitas normal.

Selain itu, dari sisi domisili tamu, sekitar 300 hotel yang ada di kawasan Puncak sebagian besar diminati tamu dari luar kawasan Bogor. Bahkan, tercatat tamu dari luar Bogor mencapai 90 persen. 

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Dua Ruang Kelas SD di Bogor Tiba-tiba Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:42 WIB

Ganjil Genap Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:19 WIB
X