BPJS Ketenagakerjaan Siap Lindungi Pekerja Korban PHK, Begini Syarat dan Ketentuannya

- Rabu, 7 Juli 2021 | 16:42 WIB
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Bogor Mias Muchtar (Dok Humas BPJS Ketenagakerjaan)
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Bogor Mias Muchtar (Dok Humas BPJS Ketenagakerjaan)

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan luncurkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), untuk melindungi para pesertanya dari ancaman kehilangan pekerjaan yang mungkin bisa saja terjadi sewaktu-waktu, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Bogor Mias Muchtar mengatakan, JKP adalah salah satu layanan jaminan, yang diberikan kepada para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja. 

Nantinya para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tergabung dalam program JKP, akan mendapatkan uang tunai, akses informasi pasar kerja, hingga mendapatkan pelatihan kerja, saat peserta BPJS Ketenagakerjaan tersebut mengalami pemecatan.

"Saat ada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang dipecat, secara otomatis akan mendapatkan menfaat JKP ini. Tapi tetap ada beberapa syarat dan ketentuan untuk dapat mengklaim program JKP ini," katanya, kepada Ayojakarta, Rabu 7 Juli 2021. 

Bagi peserta program JKP BPJS Ketenagakerjaan, nantinya akan mendapatkan manfaat berupa uang tunai yang akan diberikan kepada peserta selama 6 bulan pasca kehilangan pekerjaan.

Manfaat uang tunai akan diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta JKP, sebesar 45 persen dan 25 persen dari gaji yang diterima peserta dengan batasan maksimum gaji Rp5 juta, selama 6 bulan kedepan pasca kehilangan pekerjaan.

"Pada tiga bulan pertama peserta akan mendapatkan 45 persen dari gajinya. Tiga bulan selanjutnya peserta akan mendapatkan 25 persen dari gajinya. Maksimal gajinya itu Rp5 juta," ungkapnya.

Selain uang tunai, peserta JKP BPJS Ketenagakerjaan juga akan mendapatkan akses informasi pasar kerja, dalam bentuk layanan informasi pekerjaan. Bahkan peserta juga mendapatkan bimbingan jabatan untuk mempermudah peserta mendapatkan pekerjaan baru.

Selain dua hal di atas, peserta JKP BPJS juga akan mendapatkan pelatihan kerja untuk mengasah keterampilan dan kemampuan peserta. Pelatihan kerja akan diberikan sesuai dengan basis kompetensi pekerjaan.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Dua Ruang Kelas SD di Bogor Tiba-tiba Ambruk

Kamis, 16 September 2021 | 17:42 WIB

Ganjil Genap Puncak Kembali Diberlakukan Pekan ini

Kamis, 16 September 2021 | 12:19 WIB
X