Hari Pertama Beroperasi, RSL Kota Bogor Sudah Terima 8 Pasien Covid-19

- Jumat, 2 Juli 2021 | 14:46 WIB
Kondisi terkini Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kota Bogor (Yogi Faisal)
Kondisi terkini Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kota Bogor (Yogi Faisal)

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA - Sejak kembali beroperasi pada Kamis 1 Juli 2021 petang, Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kota Bogor sudah merawat delapan pasien positif Covid-19, yang dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.
 
Koordinator RS Lapangan Kota Bogor, dr. Shanda mengatakan, delapan pasien tersebut terdiri atas, dua pasien perempuan dan enam pasien laki-laki. Dari kapasitas total 64 tempat tidur yang akan tersedia nanti, baru 18 tempat tidur yang bisa digunakan saat ini.
 
“Pasien dirawat saat ini delapan pasien. Dua orang perempuan, dan enam orang laki-laki. Jadi, untuk tahap awal karena kita sambil berjalan dibuka 18 tempat tidur,” katanya, Jumat 2 Juli 2021.
 
Pengoperasian RS Lapangan akan dibuka secara berangsur. Dimulai 18 tempat tidur untuk 10 pasien perempuan dan delapan pasien laki-laki. Kemudian bertahap menjadi 30 tempat tidur, untuk 15 pasien perempuan dan 15 pasien laki-laki.
 
Lebih lanjut, Shanda mengatakan, pada kapasitas maksimal RS Lapangan akan mengoperasikan 64 tempat tidur. Dengan rincian 28 tempat tidur untuk pasien perempuan di lantai 2, dan 28 tempat tidur untuk pasien laki-laki di lantai 3.
 
Pasien yang dirawat di rumah sakit perluasan RSUD Kota Bogor ini merupakan pasien dengan status kuning atau bergejala sedang. Namun, sebelum mendapat perawatan di RS Lapangan Kota Bogor, pasien terlebih dahulu mendatangi IGD dari RSUD Kota Bogor untuk ditentukan apakah bisa dirawat di RS Lapangan atau harus di RSUD Kota Bogor.
 
"Jadi konsepnya berbeda. Semua pasien kita arahkan ke RSUD Kota Bogor. Disana pasien akan ditangani di IGD isolasi, supaya nanti ditangani di sana, diperiksa lab, rontgen, dan lain-lain, lalu kita masukkan kriteria yang masuk atau pasien-pasien yang masuk kriteria RS Lapangan," ujarnya. 
 
 

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Rencana Pembukaan Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritik

Senin, 27 September 2021 | 19:11 WIB

Makin Macet, Pembangunan Jalur Puncak 2 Kian Penting

Minggu, 26 September 2021 | 10:50 WIB

Kisruh Lahan Rocky Gerung dengan Sentul City Kian Samar

Jumat, 24 September 2021 | 10:33 WIB
X