Puncak Bogor Diserbu Wisatawan, Polisi Berlakukan Sistem Satu Arah

- Rabu, 26 Mei 2021 | 15:43 WIB
Kondisi terkini arus lalu lintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor. Tepatnya di pintu keluar tol Ciawi Kabupaten Bogor (Yogi Faisal)
Kondisi terkini arus lalu lintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor. Tepatnya di pintu keluar tol Ciawi Kabupaten Bogor (Yogi Faisal)

BOGOR, AYOJAKARTA - Libur Hari Raya Waisak, arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor terpantau ramai. Bahkan, untuk mengurai kemacetan petugas mulai memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari arah Puncak Bogor menuju Jakarta. 

Pantauan Ayojakarta di lokasi, antrean kendaraan roda empat terlihat mengurai panjang, tepat sebelum pintu keluar Tol Ciawi hingga simpang Gadog, Kabupaten Bogor.

Antrean panjang kendaraan tersebut terjadi lantaran petugas kepolisian tengah memberlakukan sistem satu arah dari Puncak menuju Jakarta.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian mengatakan, pemberlakuan sistem satu arah di Jalur Puncak Kabupaten Bogor lantaran kondisi di sejumlah lokasi wisata dan kuliner di Puncak Bogor sudah hampir menyentuh 50 persen dari jumlah kapasitas maksimal yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Untuk kawasan wisata Puncak Kabupaten Bogor dibatasi hanya 50 persen pengunjung. Sehingga apabila ada antrean dan kepadatan, maka kami berlakukan sistem one way untuk mengurangi kedatangan kendaraan ke Puncak, Kabupaten Bogor," katanya, saat dihubungi, Rabu 26 Mei 2021.

Sistem satu arah Puncak menuju Jakarta akan terus diberlakukan hingga kondisi di kawasan itu kurang dari 50 persen. Rencananya pemberlakuan sistem satu arah akan selesai pada pukul 16.00 WIB.

"Sistem satu arah kami lakukan sejak Pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sistem satu arah akan kami buka kembali kalau kondisi di Puncak mulai lenggang. Jadi sistemnya situasional," ujarnya.

Secara umum kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor mengalami peningkatan sekitar 25 persen pada hari libur waisak ini, jika dibandingkan dengan arus lalu lintas normal di hari biasa.

"Ada peningkatan sekitar 25 Persen dari hari biasa, rata-rata mereka ke puncak untuk wisata dan kuliner," katanya. 

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Rencana Pembukaan Wisata Malam Kebun Raya Bogor Dikritik

Senin, 27 September 2021 | 19:11 WIB

Makin Macet, Pembangunan Jalur Puncak 2 Kian Penting

Minggu, 26 September 2021 | 10:50 WIB

Kisruh Lahan Rocky Gerung dengan Sentul City Kian Samar

Jumat, 24 September 2021 | 10:33 WIB
X